Mesin 5 M, Manfaat Utama Menjadi Penulis.



Menulis adalah sebuah pekerjaan yang dapat membangun sebuah mesin 5 M. 

Mesin ini ada yang dapat bekerja 24 jam dan 365 hari dalam setahun, bahkan dapat bekerja walaupun kita telah tiada. 

Adapun beberapa manfaat menjadi penulis ini dirangkum dalam pembangunan mesin “5 M” berikut:

1.       Mesin amal. Dengan menulis kita bisa membangun sebuah karya abadi yang bisa menjadi ladang amal ibadah untuk selamanya yang bisa kita dapatkan bahkan jika kita telah tiada.
2.       Mesin jaringan. Dengan menulis kita memperpanjang jaringan pertemanan kita. Tanpa kita sadari kita telah membangun sebuah jaringan pertemanan yang terus berkembang sesuai dengan perkembangan jumlah manusia.
3.       Mesin pengetahuan. Kita menjadi semakin sering belajar dan sering membaca untuk menambah wawasan. Dengan menulis kita semakin sadar dan semakin fokus sehingga otak kita dapat bekerja dengan lebih baik lagi.
4.       Mesin pekerjaan. Kita jadi mendapatkan lapangan pekerjaan baru, yang bahkan dapat dimulai dari rumah sendiri. Menulis dapat kita lakukan kapan saja dan dimana saja, selama kita mampu mendapatkan inspirasi dan ilmu yang bermanfaat.
5.       Mesin uang. Kita bisa mendapatkan uang dari pendapatan bahkan royalty dari menulis, mulai dari penjualan buku, ebook, wartawan, blogger, penulis naskah, penulis freelance, dan atau sebagai pembicara dalam kapasitas sebagai penulis yang ahli dalam bidangnya.

Comments

Popular Posts