Perbedaan Penting "Marketing" dan "Selling"

Saat ini, di Indonesia sangat banyak individu atau perusahaan yang menyamakan antara Sales (Selling) dan Marketing. PADAHAL keduanya jelas SANGAT BERBEDA.

Misalnya dalam bidang pekerjaan, seorang SALESMAN dikatakan berhasil jika orang tersebut telah BERHASIL MENJUAL PRODUKNYA Sampai disini tugas Sang SALES telah berhasil. Dan perusahaan pun perlu menghargai hasil pekerjaan sang SALESMAN.

Namun MARKETING adalah satu hal yang berbeda.

Marketing adalah induk dari sales atau selling, dan sales adalah bagian dari salah satu proses panjang Marketing. 

Selling atau sales adalah bagian dari Marketing tapi Marketing bukanlah hanya Selling.


Sales: Bagian dari Proses Marketing

Jika kita perhatikan dalam hal definisinya juga berbeda. Dimana definisi Marketing adalah sebuah PROSES pemenuhan KEBUTUHAN dan KEINGINAN manusia dengan cara membuat sebuah unit produk atau jasa. 

Jadi Marketing mengadakan survey dahulu tentang apa kebutuhan dan keinginan manusia (research development, kemudian menganalisa biaya dan harga (penetapan harga) lalu dibuatlah produk yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan manusia tersebut, setelah produk/jasa sudah sesuai barulah dilakukan pengiriman (proses delivery), setelah itu dilakukan komunikasi pemasaran agar produk atau jasa diketahui dan diinginkan oleh manusia. Kemudian dilakukan proses penjualan (selling), lalu kemudian ada proses pelayanan lainnya untuk tetap mempertahankan pelanggan agar tetap dapat dicukupi kebutuhan dan keinginannya tadi. Setelah itu ada proses evaluasi, apakah produk atau jasa yang dihasilkan memenuhi kebutuhan dan keinginan manusia/pelanggan.



Sedangkan Selling adalah proses jual beli yang ditandai dengan adanya komunikasi agar produk diketahui dan diminati pelanggan, lalu kemudian ada transaksi antara konsumen dan salesman.

Proses Selling tidaklah terlalu panjang karena berupa transaksi jual beli produk atau jasa. Sedangkan, proses Marketing sendiri jauh lebih rumit dan jauh lebih panjang dibandingkan dengan Proses Selling.

Dalam Marketing dikenal 4P yang terdiri dari:
1. Product (produk). Seorang Marketing berusaha "mencari tahu" atau melakukan riset (marketing research) untuk mencari tahu produk apa saja yang benar-benar DIBUTUHKAN dan DIINGINKAN oleh KITA SANG MANUSIA. Setelah mengetahui kebutuhan dan keinginan manusia barulah dilanjutkan proses yang kedua yaitu

2. Price (Harga). Seorang Marketing akan memberikan harga yang sesuai dengan "KEMAMPUAN" sang MANUSIA agar tidak memberatkan dan sehingga PRODUK memang telah BENAR BERMANFAAT dan DIBUTUHKAN. Itulah mengapa HARGA BAJU di Plaza Senayan bisa jauh berbeda dengan HARGA BAJU di ITC Mangga Dua atau di Proyek Senen. Di Plaza Senayan produk yang ditawarkan memang KHUSUS untuk kalangan BERDUIT yang tidak ingin KEPANASAN. Namun untuk di Proyek SENEN si Konsumen tidak merasakan sebuah KEPANASAN adalah sebuah KEBUTUHAN yang terpenting HARGA LEBIH MURAH.

3. Place (tempat distribusi). Seorang Marketing perlu mencari saluran distribusi yang tepat dan efisien sehingga produk atau jasa perusahaan DAPAT menjangkau Sang Konsumen. (lagi-lagi agar konsumen TERPENUHI KEBUTUHAN dan KEINGINANNYA).

4. Promotion (promosi). Nah disinilah letak Sang Direct Selling. Salah satu cara promosi adalah dengan cara: Periklanan, Direct Selling (salesman), Hubungan Masyarakat (CRM), dan lainnya.

Nah, disini terlihat jelas, kalau Marketing memiliki proses yang lebih panjang daripada selling (penjualan). Seorang Marketing perlu menjaga Product atau Brand product agar sesuai dengan HARAPAN konsumen atau masyarakat. 

Perbedaan PENTING lain adalah:
Arti Sales atau selling adalah penjualan. Targetnya adalah JUALANnya.
Arti Marketing adalah pemasaran. Targetnya PASAR atau orangnya.

Seorang penjual dikatakan SALESMAN
seorang pemasar (lebih luas) dikatakan MARKETER

Definisi Selling adalah proses penjualan (lebih fokus MEMUASKAN INDIVIDU sendiri/produk laku).
Definisi Marketing adalah sebuah proses MEMUASKAN kebutuhan dan keinginan manusia (lebih luas).

Selling memiliki jangka waktu lebih pendek dalam hal hubungan.
Marketing memiliki jangka waktu yang lebih panjang. Karena dalam Marketing ANDA tidak perlu membeli produk atau jasa yang telah ditawarkan hari ini. Tapi ANDA bisa memberitahu kepada kerabat anda TENTANG KAMI adalah sebuah KEBERHASILAN dalam MARKETING (proses promotion telah tercapai).

Dalam Marketing SANGAT PERLU MENJAGA HUBUNGAN BAIK baik dalam proses penjualan maupun SETELAH penjualan (after sales service dan Customer Relationship Management).

Nah...bagaimana jika Selling digabungkan dengan Marketing?...menyamakannya sama dengan menyamakan Sosok Ibu dengan sosok anak yang jelas sangat berbeda....Sayang sekali bukan?...



Untuk lebih dalam mengetahui Marketing sebuah Arti yang Sebenarnya? KLIK

Comments

Anonymous said…
trims
ilmu pemasaran said…
iya sekarang makannya pakde hermawan juga rekomendasiin kalo divisi sales diubah menjadi divisi comercial, and jangan sampe nama baru ini igagenya di buat buruk kembali seperti nama sebelumnya
Anonymous said…
Apakah seorang sales mobil dpt dikatakan atau disamakan dgn marketing?
Anonymous said…
Sales Mobil atau Salesman adalah bagian dari Proses Marketing. Menyamakannya dengan Maketing adalah salah kaprah....

Popular Posts