5 Manfaat Utama Membaca Novel



1.       Soul Stimulus. Membaca novel dapat mencerahkan dan menguatkan jiwa yang rapuh, permasalahan hidup dan cobaan yang dating silih berganti, membuat seseorang jiwanya akan mudah tergoncang. Jiwa yang tergoncang dapat menyebabkan tekanan bagi kehidupan. Dengan membaca novel dapat memberikan ilmu dan pencerahan bagi jiwa yang kosong, sehingga jiwa menjadi lebih tumbuh dan berkembang kembali. Hidup yang dijalani lebih bersemangat, seolah menjadi salah seorang karakter dalam tokoh novel yang dapat merubah keadaan hidupnya menjadi lebih baik.

2.       Heart Stimulus. Novel dapat mengobati hati yang terluka, karena cinta atau karena permasalahan yang telah mengoyak hati yang mudah tersakiti. Membaca novel memberikan stimulus dan memberikan perasaan yang sama dengan situasi kisah yang dibaca. Karakter tokoh yang ditulis dalam novel membantu sang pembaca mengarungi hati sang tokoh dan mencoba menyelesaikan masalah sesuai dengan keadaan yang semestinya. Novel juga mampu mengatasi adanya rasa kebosanan dalam diri manusia sehingga muncul rasa atau “passion” untuk berbuat yang lebih baik bagi diri dan diluar dirinya.

3.       Mind Stimulus. Dengan membaca novel dapat memberikan banyak tambahan pengetahuan  dan pendidikan tentang lokasi, tempat, alat materi, alam semesta dan hal-hal lain yang berkaitan dengan kisah novel. Kosa kata pembaca semakin banyak dengan banyaknya nama tempat dan nama tokoh serta sifat-sifat tokoh yang ada dalam sebuah novel. Semakin sering memberikan stimulus pada fikiran akan mengembangkan pemikiran yang lebih positif terhadap masalah yang sedang dihadapi.

4.       Body Stimulus. Membaca novel memberikan kesehatan bagi tubuh karena membuat otak lebih banyak berfikir dan me”refresh” kembali kinerja otak. Otak yang diberikan stimulus setiap hari akan memberikan pengaruh yang signifikan bagi kesehatan tubuh secara menyeluruh. Korteks otak baik kiri atau kanan akan terpengaruh secara harmonis dan menjadikannya lebih seimbang dalam bekerja.

5.       Inspiring. Membaca novel dapat memberikan banyak inspirasi bagi pembacanya untuk menjadi lebih baik dan lebih mampu menyelesaikan masalah kehidupannya. Sehingga minimal sang pembaca dapat menjadi pemimpin bagi dirinya dan juga bagi diri orang lain, sehingga secara positif dapat merubah masa depan dunia menjadi lebih baik. Kita bisa jadi hidup hanya sekali tapi seorang pembaca dapat hidup berkali-kali dengan membaca kisah novel.



BACA NOVEL SEKARANG

Comments

Popular Posts