7 Cara Mudah Mendapatkan Inspirasi Dalam Menulis


Suatu hari, saya kedatangan tamu ke rumah kami di BSD Serpong Tangerang Selatan.

Beliau menanyakan bagaimana caranya agar dapat dengan mudah menuangkan pikiran kita ke dalam sebuah tulisan atau buku.

Untuk itu saya membagikan kepadanya bahwa sebenarnya, ada 7 cara mudah untuk mendapatkan inspirasi. Yaitu,

1. Pastikan tubuh dalam keadaan sehat. Tubuh yang sehat memudahkan otak kita untuk berfikir jernih. 

2. Pastikan fikiran kita tidak dalam keadaan stress atau dalam kondisi negatif. Karena fikiran yang negatif dapat berdampak buruk bagi tulisan kedepannya.

3. Pastikan hati dan jiwa dalam keadaan tenang. Biasanya untuk mendapatkan ketenangan bagi umat muslim sholat sunnah aja terlebih dahulu. Air wudhu yang suci, menyentuh jemari dan seluruh jaringan syaraf yang utama, lalu doa yang dipanjatkan serta gerakan sujud dapat memberikan aliran darah ke otak jadi lebih lancar dan jiwapun dapat lebih mudah menangkap gelombang frekuensi alam Yang Maha Luas.

4. Pastikan kondisi lingkungan kondusif, tenang dan tanpa gangguan dari dunia luar. Tempat terbaik adalah tempat yang memiliki keheningan seperti ruangan khusus atau rumah yang hening serta alam yang bersahabat. 

5. Pastikan berkomunikasi dengan lingkungan dan juga manusia sekitar serta  berkomunikasi dengan diri sendiri kembali. Dengarkan dengan sadar suara alam, suara manusia dan suara dari dalam jiwa. 

6. Pastikan lokasi menulis dapat memberikan kemudahan dalam memperoleh ilmu baik dari alam, lingkungan atau masyarakat pada umumnya.  

7. Pastikan ada bolpen/pensil dan kertas atau komputer bisa juga hp yang memiliki notes untuk memudahkan menuangkan hati dan fikiran yang sudah terkoneksi dengan baik. Sungguh sayang jika otak kita sudah mulai bekerja tapi tidak disalurkan dengan cepat dengan alat yang ada menjadi sebuah tulisan atau karya seni yang indah. 


Jika semua sudah tercapai biasanya menulis jadi jauh lebih mudah dan lebih menyenangkan. 



Semoga bermanfaat. 
www.bit.ly/asrulsani

Comments

Popular Posts