SAFT Tipe Pemimpin Islami Indonesia.




Tahun 2019 adalah tahun pemilihan pemimpin di Indonesia. Indonesia sebagai Negara yang memiliki pemeluk agama Islam terbesar, maka sebaiknya memilih pemimpin yang sesuai dengan nilai-nilai dan ajaran Islam.

Adapun cara mudah melihat sang pemimpin dengan menelusuri jejak SAFT.

Apakah SAFT itu? SAFT adalah sebuah singkatan dari sifat-sifat yang miliki oleh nabi besar Muhammad SAW.



Sifat beliau yang patut dijadikan teladan oleh pemimpin Indonesia, yaitu Shiddiq (jujur), Amanah, Fathonah (Cerdas) dan Tabligh (Berbagi/Menyampaikan).

Shiddiq (jujur). Pemimpin yang utama dan yang paling baik adalah pemimpin yang jujur bukan penipu atau koruptor apalagi pengkhianat. Nabi besar Muhammad SAW mencontohkan dalam kesehariannya beliau selalu menjaga lidah dan perilakunya, sehingga sebelum menjadi pemimpin Islam beliau sudah dikenal sebagai Al Amin atau orang yang dapat dipercaya. Pemimpin yang jujur akan membawa bangsa ini, menjadi bangsa yang jujur dan dapat dipercaya, tidak hanya oleh rakyatnya namun juga oleh dunia. Bangsa yang dipenuhi oleh orang-orang jujur akan mendatangkan banyak investasi dan kebaikan serta pada akhirnya akan membawa kesejahteraan bagi semua rakyat Indonesia.

Amanah. Pemimpin terbaik adalah pemimpin yang memiliki rasa tanggung jawab besar terhadap tugas yag telah diberikan. Setiap tugas diterima dan dikerjakan semata-mata untuk kebaikan dan kemaslahatan umat Islam dan rakyat Indonesia. Beliau menomorsatukan tugas dan tanggung jawab yang telah diberikan dan berani mengorbankan diri sendiri untuk kebaikan semua umat.

Fathonah (cerdas). Sang pemimpin yang terbaik adalah seorang pemimpin yang cerdas. Banyak memiliki pengetahuan dan pengalaman dalam memimpin. Kecerdasan tidak hanya agama (spiritual) namun juga kecerdasan emosi dan kecerdasan menyelesaikan masalah yang ada (adversity quotient). Kecerdasan dibutuhkan dalam “problem solving” dan menemukan strategi terbaik dalam menyelesaikan masalah demi mencapai tujuan bangsa yaitu keadilan dan kesejahteraan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Tabligh (berbagi). Seorang pemimpin yang terbaik adalah pemimpin yang mampu menyampaikan atau mampu berkomunikasi dengan baik kepada seluruh rakyat Indonesia dan juga kepada dunia. Kemampuan komunikasi adalah salah satu yang paling utama untuk mampu menjadi “komunikator” handal sehingga dapat menyampaikan apa yang menjadi tuntutan dan kebutuhan masyarakat Indonesia.

Semoga para pemimpin Indonesia yang terpilih nanti di tahun 2019, sesuai dengan nilai-nilai ajaran Islam  dan sesuai dengan sikap dan teladan dari nabi besar Muhammad SAW yang juga merupakan tokoh pemimpin dan paling berpengaruh dalam sejarah umat manusia.





Comments

Popular Posts