Kutipan Kata Mutiara Terbaik

 

Mencari Ilmu

“Jika seseorang bepergian dengan tujuan mencari ilmu, maka Allah akan menjadikan perjalanannya seperti perjalanan menuju surga.”(Nabi besar Muhammad SAW).

Berbaik Sangka


“Kita memang tidak bisa membuat orang lain berbaik sangka pada kita. Tapi kita bisa melatih diri untuk berbaik sangka pada orang lain.” (Asrul Sani Abu – Penulis Indonesia).

Pribadi yang Bersyukur

“Kita memang tidak bisa mendadak kaya. Tapi kita bisa berdoa untuk menjadi pribadi yang bersyukur.” (Asrul Sani Abu – Penulis Indonesia)


Menulis dengan Hati

“Menulislah dengan hati, untuk curahan sang hati yang damai. Tulislah dengan jiwa, untuk curahan sang jiwa yg murni.” ( Asrul Sani Abu – Penulis Indonesia).


Kelahiran & Kematian


“Jadilah kamu manusia yang pada kelahiranmu semua orang tertawa bahagia, tetapi hanya kamu sendiri yang menangis dan pada kematianmu semua orang menangis sedih, tetapi hanya kamu sendiri yang tersenyum.” (Mahatma Gandhi – Politikus India).


Jadilah Manusia Berguna


“Berusahalah untuk tidak menjadi manusia yang berhasil tapi berusahalah menjadi manusia yang berguna.” (Albert Einstein – Ahli Fisika Jerman).

Kepahitan dalam Hidup


“Aku sudah pernah merasakan semua kepahitan dalam hidup dan yang paling pahit ialah berharap kepada manusia.” (Ali Bin Abi Thalib – Pemuda pemeluk Islam pertama & Keluarga Nabi Muhammad SAW)


Melakukan Hal Mulia

“Ketika kau melakukan sesuatu yang mulia dan indah dan tak seorang pun memperhatikan, jangan bersedih. Karena matahari pun tampil cantik setiap pagi meski sebagian besar penontonnya masih tidur.” (John Lennon – Musisi Inggris).

Definisi Kaya


“Yang namanya kaya (ghina’) bukanlah dengan banyaknya harta (atau banyaknya kemewahan dunia). Namun yang namanya ghina’ adalah hati yang selalu merasa cukup.”(Nabi besar Muhammad SAW).


Hidup Bersama Manusia


“Hiduplah kamu bersama manusia sebagaimana pohon yang berbuah, mereka melemparinya dengan batu, tetapi ia membalasnya dengan buah.” (Abu Hamid AlGhazali – Filsuf Persia).

Kejujuran


“Kurang cerdas dapat diperbaiki dengan belajar, kurang cakap dapat dihilangkan dengan pengalaman. Namun tidak jujur sulit diperbaiki.” (Muhammad Hatta – Wakil presiden pertama RI).

Istri yang baik


“Seorang istri yang baik adalah dia yang melayani suaminya seperti seorang ibu pada pagi hari, mencintai dia seperti seorang saudara kandung, dan menyenangkan dia di malam hari.”(Chanakya – Guru dan penasehat kerajaan India).

Tentang Harga


“Harga sebenarnya dari segala sesuatu adalah jerih payah dan kesulitan untuk memperolehnya.” (Adam Smith – Ekonom Inggris).

“Aku dan engkau adalah penulis, penulis buku catatan hidup, yang ditunggu dan dinilai, untuk hadiah sejati ataukah tak berarti.” (Asrul Sani Abu – Penulis Indonesia).

Filosofi


“Filosofi meluaskan pandangan serta mempertajam pikiran, sekaligus berguna untuk penerangkan pikiran dan penetapan hati.” (Mohammad Hatta – Wakil Presiden RI).

Suara Tuhan

“Mendengar suara alam, mendengar suara Tuhan dalam diri.” (Asrul Sani Abu – Penulis Indonesia).

Bercerita tentang Orang Lain


“Kalau anda tidak menemukan kebaikan yang bisa diceritakan tentang seseorang, lebih baik mengunci bibir anda erat-erat dan anda akan bersyukur kemudian.” (William Shakespeare – Penyair dan dramawan Inggris).


Tentang Waktu

“Kebahagiaan dan kebajikan membuat waktu terasa singkat.” (William Shakespeare – Penyair dan dramawan Inggris).


Ketika Jatuh Cinta


“Ketika Anda jatuh cinta, kebahagiaan akan membuat Anda sulit tertidur karena kenyataan lebih baik dibandingkan mimpi Anda.” (Dr. Seuss – Penulis Amerika).


Kekuasaan

“Jadikan deritaku ini sebagai kesaksian bahwa kekuasaan seorang Presiden sekalipun ada batasnya. Karena kekuasaan yang langgeng hanya kekuasaan rakyat. Dan diatas segalanya adalah Kekuasaan Tuhan Yang Maha Esa.” (Ir. Soekarno – Presiden pertama RI).

Kekayaan

“Kita memang tidak punya kekayaan berlimpah. Tapi kita bisa berdoa dan bersinergi meraih kemakmuran.” (Asrul Sani Abu – Penulis Indonesia).


Keinginan yang Kuat


“Jika kita memiliki keinginan yang kuat dari dalam hati, maka seluruh alam semesta akan bahu membahu mewujudkannya.” (Ir. Soekarno – Presiden pertama RI).

Tentang Uang


“Apabila kita bicara soal uang, maka semua orang sama agamanya.” (Voltaire – Penulis/ Filsuf Prancis).



Koneksi


"Dari keheningan dalam kesendirian,  kutemukan koneksi dengan Sang Maha Lembut."  (Asrul Sani Abu – Penulis Indonesia).

Pemimpin Terbaik

“Pemimpin yang terbaik adalah yang paling memiliki penguasaan diri untuk dipimpin. Maka seorang Pendito Ratu haruslah a man of nothing to loose. Tak khawatir kehilangan apa-apa. Jangankan harta benda, simpanan uang, seribu perusahaan, tanah, gunung dan tambang. Sedangkan dirinya sendiripun sudah tak dimiliknya, sebab telah diberikan kepada Tuhan dan rakyatnya.” (Emha Ainun Najib -  Penyair/Budayawan Indonesia).


Keangkuhan Spiritual


“Salah satu jenis keangkuhan spiritual adalah saat orang berpikir bahwa mereka bisa bahagia tanpa uang.”(Albert Camus – Peraih nobel sastra).

Negara untuk Semua


“Saudara-saudara yang bernama kaum kebangsaan yang di sini, maupun Saudara-saudara yang dinamakan kaum Islam, semuanya telah mufakat, bahwa bukan negara yang demikian itulah kita punya tujuan. Kita hendak mendirikan suatu Negara 'semua buat semua'. Bukan buat satu orang, bukan buat satu golongan, baik golongan bangsawan, maupun golongan yang kaya, tetapi 'semua buat semua'.” (Ir. Soekarno – Presiden pertama RI).

Tentang Uang & Puisi

“Uang mungkin disumbangkan, batu dan kapur mungkin dapat dibeli, tukang gambar bisa dibayar untuk membuat rencana, dan tukang batu mungkin dipekerjakan untuk memasang batu-batu.
Tapi iman yang hilang dan masih dihormati, yang melihat puisi dalam bentuk bangunan; puisi dari granit, yang bicara begitu lantang kepada orang-orang; puisi dalam bentuk marmer, yang tegak di sana sebagai doa abadi yang terus menerus dan tak tergoyahkan, tidak bisa dibeli dengan uang.” (Edward Douwes Dekker – Penulis Belanda).



Jika Bekerja Untuk Uang


“Jika Anda bekerja hanya untuk uang, Anda takkan pernah sukses, tetapi jika Anda mencintai apa yang Anda kerjakan dan selalu mengutamakan kepentingan pelanggan, kesuksesan akan ada di tangan Anda.” (Ray Kroc – Pendiri restoran Mc Donald).

Tentang Jalan Kekayaan

“Singkatnya, jalan menuju kekayaan, jika Anda menginginkannya, sesederhana jalan ke pasar. Ia tergantung terutama pada dua hal: rajin dan hemat, jelasnya: janganlah menyia-nyiakan waktu (tidak rajin) ataupun uang (tidak hemat).” (Benjamin Franklin – Negarawan Amerika).


Kekuasaan Bukan Utama

"Kekuasaan bukan yang utama, pengabdian dan membangun amal adalah yang utama." (Asrul Sani Abu – Penulis Indonesia).

Meminjam Uang

“Jangan meminjam uang dari tetangga atau teman. Pinjam saja dari orang asing, supaya kalau sudah dilunasi tidak ada cerita-cerita tentang hal itu.”(Lord Burghley – Negarawan Inggris).

Jauhi Dengki

“Jauhilah dengki, karena dengki memakan amal kebaikan sebagaimana api memakan kayu bakar.” (Nabi besar Muhammad SAW).

Bertempur

“Bertempur dan menaklukkan musuh dalam peperangan bukanlah kehebatan paling tinggi; kehebatan tertinggi terjadi ketika Anda mampu menghentikan musuh tanpa perlawanan.” (Sun Tzu – Jenderal perang dan penulis Tiongkok).

Peperangan

“Dalam sebuah peperangan, seorang jenderal yang menang hanya akan bertempur setelah memastikan sudah mendapatkan kemenangan, sedangkan dia yang ditakdirkan untuk kalah adalah yang bertempur dahulu dan baru kemudian mencari kemenangan.” (Sun Tzu – Jenderal perang dan penulis Tiongkok).

Sombong

“Jika diri Anda dan musuh Anda mulai sombong, maka Anda menempatkan diri Anda dalam bahaya.” (Sun Tzu – Jenderal perang dan penulis Tiongkok).

Sabar

“Dari begitu banyak sahabat, dan tak menemukan sahabat yang lebih baik daripada menjaga lidah. Aku memikirkan tentang semua pakaian, tetapi tidak menemukan pakaian yang lebih baik daripada takwa. Aku merenungkan tentang segala jenis amal baik, namun tidak mendapatkan yang lebih baik daripada memberi nasihat baik. Aku mencari segala bentuk rezki, tapi tidak menemukan rezki yang lebih baik daripada sabar.” (Umar Bin Khattab – Khalifah kedua Islam).

Pernikahan

“Bukan karena kurangnya cinta, tapi kurangnya persahabatan yang membuat pernikahan tidak bahagia.”(Friedrich Nietzche  - Penyair/filsuf Jerman).

Pernikahan Sukses

“Pernikahan yang sukses adalah jatuh cinta sering kali, selalu terhadap orang yang sama.”(Mignon Mclaughlin – Penulis/wartawan Amerika).



Keyakinan


“Kita memang belum punya keyakinan sekuat nabi. Tapi kita bisa mengasah diri untuk semakin yakin padaNya.” (Asrul Sani Abu – Penulis Indonesia).

Kebebasan

“Jangan pertaruhkan dunia dan hilangkan jiwamu, kebebasan lebih baik daripada perak atau emas.” (Bob Marley – Penyanyi Amerika).



Cinta & Kebebasan

“Cinta adalah satu-satunya kebebasan di dunia karena ia begitu tinggi mengangkat jiwa, dimana hukum-hukum kemanusiaan dan kenyataan alam tidak mampu menemukan jejaknya.” (Khalil Gibran – Penulis/pelukis Lebanon).

Potensi Bahagia

“Jika Anda tidak pernah mengeluarkan potensi Anda sesungguhnya, Anda akan tidak bahagia seumur hidup Anda.” (Abraham Maslow – Psikolog Amerika).



Cinta & Kreatifitas

“Cinta adalah suatu proses aktualisasi diri yang bisa membuat orang melahirkan tindakan-tindakan produktif dan kreatif. Dengan cinta, seseorang menyadari bahwa ia akan mendapatkan kebahagiaan bila mampu membahagiakan orang yang dicintainya. Timbulnya kebahagiaan itu pada gilirannya menghendaki tindakan-tindakan seperti perlindungan, perhatian, tanggung jawab, dan pengetahuan.” (Abraham Maslow – Psikolog Amerika).



Kesadaran Diri

“Yang diperlukan untuk mengubah seseorang adalah mengubah kesadarannya tentang dirinya sendiri.” (Abraham Maslow – Psikolog Amerika).

Menjaga Tubuh

“Selalu menjaga tubuh Anda penuh dengan cahaya dan panas. Mengisi diri dengan kekuatan kebijaksanaan dan pencerahan.” (Morihei Ueshiba – Pendiri Aikido Jepang).



Marah

“Marah itu gampang, tapi marah kepada siapa, dengan kadar kemarahan yang pas, pada saat dan tujuan yang tepat, serta dengan cara yang benar itu yang sulit.” (Aristoteles – Filsuf Yunani).

Memahami Diri

“Memahami diri sendiri adalah awal dari semua kebijaksanaan.” (Aristoteles – Filsuf Yunani).



Ilmu Pengetahuan

“Belajar tentang pikiran dan ilmu pengetahuan, tanpa belajar untuk memperkaya hati sama dengan tak belajar apa-apa.” (Aristoteles – Filsuf Yunani).

Pendidikan


“Pendidikan dan pengajaran di dalam Republik Indonesia harus berdasarkan kebudayaan dan kemasyarakatan bangsa Indonesia, menuju ke arah kebahagiaan batin serta keselamatan hidup lahir.” (Ki Hajar Dewantara – Aktivis, Kolumnis, Politisi).



Membuka Kuasa

"Kita tidak harus ahli politik dan juga tidak harus punya kuasa. Tapi dengan menulis dan berbicara dari hati akan membuka kuasaNya." (Asrul Sani Abu – Penulis Indonesia).

Ibu dan Anak

“Pada ibu dan anaklah dikatakan cinta murni, karena cinta seorang lelaki terhadap seorang perempuan dan begitu pula sebaliknya, walau bagaimana halusnya susunan kata yang diucapkan, maksudnya hanya satu, yaitu nafsu birahi.” (Sigmund Freud – Psikiater Austria)

Hati & Amal

“Allah tidak melihat bentuk rupa dan harta benda kalian, tapi Dia melihat hati dan amal kalian.”(Nabi besar Muhammad SAW)



Kesuksesan

“Orang mungkin berpikir bahwa uang dari hasil penemuan merupakan penghargaan terhadap seseorang yang mencintai pekerjaannya. Tapi aku terus menemukan kenikmatan terbesarku, dan begitu juga hadiahku, pada sebuah karya yang mengawali sesuatu yang dunia sebut sebagai kesuksesan.” (Thomas Alfa Edison – Pendiri General Electric).

Bicara

“Bicaralah pada dunia dan seluruh alam, teriaklah dengan kekuatan, memanggil ke jalan yang hakiki, jalan murni dan suci.” (Asrul Sani Abu – Penulis Indonesia).

Maha karya


“I challenge you to make your life a masterpiece. I challenge you to join the ranks of those people who live what they teach, who walk their talk.”
“Saya menantang Anda untuk membuat hidup Anda sebuah maha karya. Saya menantang Anda untuk bergabung dengan barisan orang-orang yang menjalankan apa yang mereka ajarkan, yang menjalankan pembicaraan mereka.” (Anthony Robbins – Motivator dan penulis buku Amerika).

Pernikahan Bahagia

“Pernikahan yang bahagia selalu menikmati kesenangan-kesenangan persahabatan. Semua keindahan dan kemanisan bercampur dalam bahagianya hidup.” (Joseph Addison – Politikus, penulis, penyair Inggris).

Bersama Allah

“Kita memang banyak yang tidak bisa. Tapi bersama Allah, kita bisa.” (Asrul Sani Abu – Penulis Indonesia).

Yang Terbaik

“Yang terbaik di antara kalian adalah mereka yang berakhlak paling mulia.”(Nabi besar Muhammad SAW).

Comments

Popular Posts