5 Manfaat Membaca Puisi


Orang Indonesia dikenal sebagai orang yang memiliki cita rasa seni yang tinggi. Banyak karya fenomenal yang telah dibuat oleh bangsa ini.

Namun sayangnya masih banyak juga yang jarang membaca karya sastra seperti puisi. Padahal puisi memberikan banyak manfaat bagi diri kita, berikut beberapa manfaatnya:

  1. Program "Escape". Membaca puisi adalah salah satu cara dalam "melarikan" diri, hati dan jiwa ke dunia yang baru. Seringkali puisi mengantarkan kita ke suatu tempat yang baru yang belum pernah kita lalui. Suasana hati yang baru dengan perasaan yang baru sesuai dengan imajinasi kita. 
  2. Menambah "Vocabulary and Knowledge". Membaca puisi memberikan tambahan kosa kata yang baru serta pengetahuan yang baru. Puisi terkadang berisi kata-kata yang baru dan misterius yang mengundang otak kita untuk mencari tahu sehingga menambah pengetahuan. Saat ini, orang yang paling kuat adalah orang yang memiliki banyak pengetahuan tidak hanya ilmu namun juga rasa. 
  3. Mengurangi "Stress" dan "Bad Mood". Membaca puisi, membuat kita merasa hidup tidak kesepian. Kita membaca dan kadang merasakan hal yang sama dengan sisi penulis puisi. Hal-hal yang negatif bisa berubah jadi positif jika kata-kata yang dibaca memberikan terbukanya hati dan pikiran sehingga lebih jernih dan positif menghadapi cabaran. 
  4. Membahagiakan. Membaca puisi dapat memperlambat kehidupan yang serba cepat. Kita jadi berhenti sejenak dan mencoba meresapi dengan mendalam kata-kata yang penuh makna. Hal ini membuat kehidupan menjadi berjalan lebih pelan dan tidak terburu-buru yang kadang membuat jiwa terguncang. Puisi membuat kehidupan berjalan lebih pelan, penuh makna dan dapat memberi rasa bahagia.
  5. Mampu mengantar diri ke masa yang lebih "simple". Kehidupan yang ruwet penuh dengan godaan dan cobaan, dapat dikurangi dengan membaca puisi yang indah. Puisi mampu mengantarkan diri, hati dan jiwa ke suasana yang "simple" sederhana namun padat hikmah. Suasana yang sederhana mengantarkan kita lebih memahami kehidupan dengan cara-cara yang sederhana yang menggugah jiwa terdalam.   

Untuk membaca dan memiliki karya sastra buku puisi "Mutiara Alam Semesta" silahkan klik:

Tokopedia Book

TOP POST THIS MONTH

About The Blog - PRAKATA

Kutipan Motivasi Terbaik dalam Al Quran dan Al Hadist

Tempat Wisata Sehari di BSD City Serpong

Kumpulan Puisi Karya Asrulsani Abu

50 Kata Mutiara dan Motivasi dari Tokoh Dunia

Cara Memilih Rumah Tinggal di BSD

Inspiring Quote: Temani, Kasihi dan Dukung

Kata Mutiara & Motivasi Tokoh Dunia Asrul Sani Abu

Asrulsani Abu The Autobiography

Catatan Perjalanan ROAD TO MAKASSAR "The 7 Awareness Leadership Training"