Tips MC: Ingat MC, Ingat SAPA DIA



Sekarang ini, banyak acara yang mendadak diadakan dan kadang pula pihak penyelenggara mendadak menunjuk kita untuk menjadi MC atau master of ceremoninya.

Nah, agar kita tidak canggung dan terlihat "well prepared" serta nantinya acara dapat berjalan dengan baik dan lancar. 

Maka berikut ini ada tips sederhana yang mudah diingat dan mudah dilakukan agar kita dapat menjadi MC yang baik. 

Salah satunya adalah dengan mengingat dan melakukan teknik SAPA DIA. 

APA ITU SAPA DIA?

SAPA DIA adalah singkatan dari:

Salam
Apresiasi
Perkenalan
Atensi

Deskripsi
Intim
Antusias.

Penjelasan sederhananya adalah sebagai berikut:

SALAM. Saat pertama kali memegang mic jangan lupa untuk mengucapkan salam pembuka yang baik dan menyenangkan sesuai audiens yang hadir. Jika hadirin yang hadir adalah khalayak umum maka ucapkan assalamu alaikum. Namun jika hadirin yang hadir semuanya adalah muslim maka ucapkan assalamu alaikum warahmatullahi wabarakatuh secara lengkap. Salam pertama ini sangat penting untuk kesan pertama. Dan upayakan meraih perhatian pertama yang berkesan baik dari semua hadirin.

APRESIASI. Ucapan syukur dan terima kasih kepada Allah dan semua yang hadir terutama jika ada orang penting atau tokoh yang menghadiri acara yang sedang diadakan.

PERKENALKAN. Perkenalkan diri secara singkat profil diri sebagai MC. Kemudian memperkenalkan orang-orang penting yang akan membuat acara ini menjadi penting bagi semua.

ATENSI. Raih perhatian dan ikutkan hadirin bersama-sama dalam acara ini. Bisa dengan menyebutkan semboyan/tagline atau lakukan "ice breaking" dengan gerakan bersama atau meminta untuk melakukan tepuk tangan bersama. Upayakan semua hadirin bisa melihat anda dengan jelas.

DESKRIPSI. Jelaskan maksud dan tujuan acara. Gunakan teknik 5W1H (Who, What, Where, When, Why & How). Siapa saja yang hadir atau siapa penyelenggaranya (who), apa jenis acara yang sedang dilaksanakan (what), dimana acara ini sedang dilaksanakan (where), kapan waktu pelaksanannya /time schedule (when), mengapa acara ini penting dilaksanakan (why) dan bagaimana agar hadirin dapat mengambil manfaat dari acara yang dilaksanakan (how).

INTIM. Usahakan untuk selalu "connected with audience", santai dan bersahabat.

ANTUSIAS. Bagikan semangat yang luar biasa kepada hadirin. Maka mulailah bersemangat dulu dimulai dari diri sendiri. Lalu semangat yang anda miliki akan memberikan energi bagi hadirin yang ada. Apapun yang anda lakukan akan memberikan pengaruh kepada audiens untuk itu tetap selalu menjaga sikap yang baik dan menjadi teladan bagi semua hadirin.


Nah, jika cara atau teknik SAPA DIA sudah dapat dilakukan dengan baik dan dengan semangat yang luar biasa maka amanah menjadi MC nantinya menjadi sebuah pekerjaan yang menyenangkan bahkan bisa jadi dapat dijadikan sebagai pekerjaan yang menghasilkan uang. 

Selamat menjadi MC. Master of Ceremony. Dan jangan lupa untuk berlatih terus untuk mengembangkan kemampuan berbicara didepan umum.

Semoga sukses menjadi MC yang baik dan luar biasa. 



Comments

Popular Posts