5 Karakter Orang Bugis Makassar yang Perlu Ditiru


Berani. Orang Bugis terkenal berani dalam berduel bahkan berani mengarungi samudra dunia walaupun hanya dengan bermodalkan perahu kayu Phinisi. Anak-anak orang Bugis memang terkenal berani, penantang dan penjelajah hingga berani meninggalkan kampung halaman untuk belajar, bekerja dan berusaha. Namun, yang ditakuti orang Bugis adalah dikucilkan secara sosial, disumpah oleh orang tua dan dilaknat oleh Allah SWT. Contoh orang Bugis Makassar yang dikenal berani dalam bersikap adalah Sultan Hasanuddin yang dikenal nekat dan berani dalam melawan Belanda, Jendral M. Yusuf yang berani menegakkan keadilan dan keamanan negara.

Keras. Umumnya karakter orang Bugis terkenal keras kepala. Padahal mereka hanya kuat dalam sikap dan pendirian, sehingga terkesan tidak mau mengalah.  Contoh orang Bugis yang terkesan keras adalah Baharuddin Lopa, seorang jaksa agung yang berani melawan para koruptor hingga harus tewas diracun dalam pesawat. Sophan Sophiaan, seorang artis yang terjun ke dunia politik dan berpegang teguh pada kebenaran sehingga harus keluar dari partai karena menganggap partainya telah banyak disusupi orang yang tidak bertanggung jawab. Abraham Samad seorang aktivis dan ketua KPK yang berani menantang para koruptor.

Cerdas. Orang Bugis dikenal cerdas dalam berpikir dan berpolitik. Salah satu orang Bugis yang  dikenal cerdas bahkan jenius adalah Prof DR. Eng BJ. Habibie yang juga presiden Indonesia yang ke 3. Selain itu ada H.M Jusuf Kalla seorang wakil presiden Indonesia yang cerdas dan lihai dalam berbisnis dan berpolitik. Kerajaan bisnisnya menjadi besar dan menggurita berkat keahliannya dalam meramu bisnis dan politik secara berkesinambungan.

Iman kuat. Banyak orang Bugis dikenal karena ilmu agama dan keyakinannya yang kuat. Syekh Yusuf Al Makassari adalah salah satu orang Bugis Makassar yang memiliki keyakinan kuat sehingga bahkan ketika dibuang ke Belanda, di negeri Afrika malah menjadi mubaligh Islam yang disegani dan menjadi pahlawan Afrika. Banyak orang Bugis Makassar yang akan mudah untuk tersulut jika menyangkut keimanan mereka digoyahkan.

Setia kawan. Umumnya orang Bugis saling menguatkan di perantauan dan saling membantu kawan apalagi keluarga. Orang Bugis memiliki ikatan kekeluargaan yang kuat yang dibentuk dalam wadah organisasi seperti KKSS atau Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan yang cabangnya sudah mendunia dan salah satu organisasi ikatan suku yang paling kuat di Indonesia.

Comments

Popular Posts