Bagaimana Berbisnis dari Rumah Melalui Internet "How to Make Business from Home"

Ada beberapa alasan orang memilih berbisnis dari rumah diantaranya adalah:

- Efektif. Orang memilih berbisnis dari rumah karena ingin mencapai mimpi dan tujuannya dengan lebih cepat (efektif). Daripada membuang-buang waktu di jalanan, lebih baik melakukan beragam sesuatu yang lebih bernilai tambah. Ini mengacu pada Setting Goal Effectiveness.

- Efisien. Banyak orang memulai bisnis dengan modal seadanya. Dan biasanya pihak bank juga memandang sebelah mata bagi para pebisnis dari rumah. Ini saya pernah rasakan sendiri, saat ingin meminjam dana untuk membeli sebuah rumah murah di belakang rumah saya. Pihak mencari-cari segala hal yang waktu itu sulit untuk saya penuhi.

- Waktu. Ada banyak waktu luang yang kita peroleh untuk diri kita maupun untuk keluarga tercinta. Bandingkan dengan orang-orang yang bekerja hingga larut malam sampai-sampai tidak ada waktu untuk keluarga, dan bahkan tidak ada waktu untuk diri sendiri. Contohnya yang terjadi pada salah satu anggota keluarga saya yang sangat ulet bekerja. Uang yang dihasilkan memang sangat banyak, namun uang itu tidak dapat menggantikan jalinan waktu bersama keluarganya.

- Kondisi Jalanan. Di Jakarta umumnya orang menghabiskan waktu pergi dan pulang kerja sekitar 4 jam sehari atau 20 jam per minggu. Artinya dalam seminggu ada 1 hari full dihabiskan untuk dijalanan. Atau dalam sebulan ada 4 hari yang dihabiskan dijalanan. Itu angka rata-rata. JAdi bisa dimaklumi banyak yang tidak merasa nyaman dengan kondisi jalanan yang membuat stress hanya untuk sekedar hidup di Jakarta.

Dan masih banyak hal lagi...

Namun yang ingin saya sharing adalah bagaimana berbisnis dari rumah dengan internet.

Adapun beberapa hal yang mesti kita siapkan adalah:


1. Idea. Ide adalah hal yang sangat penting. Tanpa ide kita tidak bisa melakukan apa-apa. Ide merupakan anugrah yang tidak dapat dimiliki semua orang. Untuk itulah sebuah ide dibutuhkan untuk membuat sebuah bisnis. Semakin banyak ide semakin baik. Maka sebaiknya hal yang pertama yang perlu kita lakukan adalah "Brain Storming". Caranya lakukan sekarang juga...!!!. Ambil sebuah pena dan kertas kosong. Catat semua yang ada dalam pikiran anda. Yah...lakukan sekarang juga. Catat semuanya....apapun itu catat saja....dan lakukan sekarang juga...!!!


2. Action. Setelah menemukan ide dan segala hal yang kita sukai dan kita mampu melakukannya. Langsung berbuat saat itu juga. Lakukan apa saja, yang sesuai dengan minat kita. Lakukan juga saat ini juga...Jangan terlalu lama melakukan analisa. Lakukan sekarang juga...!!!

3. Computer. Siapkan komputer yang terhubung dengan internet.

4. E-mail. Buatlah e-mail yang merupakan salah satu kunci untuk memulai bisnis internet. Gunakan e-mail yahoo atau gmail yang memiliki banyak database dan juga memiliki tingkat keamanan yang lebih baik dibanding e-mail lainnya. Setelah e-mail anda buat, lakukan kegiatan berikutnya...

5. Blog or Website. Buatlah blog atau website yang bisa menyebarkan segala informasi mengenai produk kita ke seluruh dunia. Daftarkan e-mail ang tadi anda buat ke www.blogspot.com. Ikuti saja petunjuk yang ada....

6. Product &Service. Produk atau jasa yang anda minati dan anda miliki segera difoto dan dimasukkan ke blog atau website anda. Lakukan berbagai kreatifitas yang bisa menarik orang untuk sekedar mampir ke blog atau website anda. Setelah orang-orang sering mampir dan mengunjunngi situs anda, maka anda memiliki peluang untuk menawarkan produk/jasa anda. Tentunya jangan lupa memberikan gambar/foto yang menarik agar orang tertarik untuk bertransaksi dengan anda.

7. Promotion. Lakukan kegiatan promosi baik itu melalui komunikasi darat (berikan kartu nama, brosur, spanduk, silaturahmi) atau komunikasi udara seperti internet, telepon, radio, fax, tv dan lainnya.

8. Wait and See. Biasanya setelah kita melakukan promosi akan memakan waktu sekitar 1-3 bulan atau bahkan ada yang lebih agar komunikasi yang telah kita lakukan dapat berjalan efektif. Untuk itu dibutuhkan kecepatan agar kita tidak didahului oleh pesaing kita yang memiliki kemampuan dan minat yang sama dengan kita.

9. Controlling. Jika bisnis anda sudah online, lakukan pengawasan dengan traffic yang mengunjungi blog atau website anda. Semakin banyak yang datang kepada anda, semakin banyak rezeki yang akan mengalir ke rumah anda.

Selamat mencoba...!!!



Comments

Popular Posts