Senjata Pemasaran yang Efektif dan Efisien "The Effective and Efficient Marketing Weapon"

Ada yang mengatakan bisnis adalah sebuah perang pemasaran dan strategi pemasaran. Dalam strategi perang ini maka dibutuhkan senjata-senjata yang cukup efektif mencapai target kita dan terbukti efisien dalam menghemat biaya operasional terutama dalam sebuah perang "gerilya" melawan kekuatan yang lebih besar daripada kekuatan pemasaran kita. 

Adapun senjata-senjata pemasaran yang dapat kita gunakan dalam "perang pemasaran" ini adalah sbb:

  1. Name Card Weapon, senjata pemasaran ini adalah senjata yang termurah dan efisien. Senjata ini bagaikan pisau lipat yang mudah dibawa kemana-mana, namun cukup efektif dalam mendapatkan pelanggan. 
  2. Free Gift Weapon, setiap orang umumnya menyukai jika diberikan sesuatu apalagi gratis. Berikan hadiah gratis bagi setiap orang dan suatu hari anda akan menjadi saksi kekuatan ini dari pemberian ini. Percayalah, setiap pemberian tidak ada yang sia-sia. 
  3. Logo Weapon, buatlah logo yang unik dan menarik. Semakin sering logo kita terlihat maka semakin baik posisi usaha kita dalam benak pelanggan.
  4. Signage Weapon, setiap papan petunjuk dapat membantu para pelanggan dalam membantu menemukan kebutuhan dan keinginan mereka. 
  5. Online Weapon, buatlah usaha yang kita kembangkan menjadi bisnis online yang mudah dihubungi kapan saja 24 jam. Bisnis online adalah salah satu bisnis yang sangat cepat dalam meraih pelanggan. Bayangkan hanya hitungan menit informasi dapat disebar dengan sangat cepat.  
  6. WOM - Word of mouth communication atau ketuk tular. Adalah senjata yang cepat dan mampu meraih pelanggan dalam jumlah yang signifikan. Semakin banyak yang memperoleh manfaat dari bisnis kita maka akan semakin banyak pelanggan yang mengantri ingin terlayani dengan bisnis yang kita jalankan. 
  7. Sharing, jangan pelit dalam berbagi ilmu. Bagilah ilmu kita kepada orang-orang yang membutuhkan, dan kalau perlu bagikan ilmu kita dengan gratis. Untuk Sharing dan Buku Gratis KLIK:
  8. Referral, hargai setiap usaha pelanggan kita dalam memberikan referensi kepada orang lain. 
  9. Telephone, telepon adalah salah satu alat peraih dan penerima pelanggan yang merupakan salah satu pintu dalam masuknya uang ke dalam bisnis kita. 
  10. Location, Dulu lokasi usaha harus berada di jalanan utama. Namun saat ini, lokasi yang terpenting adalah Internet. Internet telah membuat banyak orang menjadi entrepreneur-entrepreneur sukses yang dapat dimulai dengan sebuah komputer.
  11. Relationship. Jagalah setiap hubungan baik terutama teman dan sahabat kita. Biasanya mereka justru datang membuka pintu rezeki kita pada saat kita lagi membutuhkan pelanggan. Contoh kecil yang saya alami adalah dari semua sahabat yang saya kenal, hampir semuanya telah dan pernah menyewa mobil yang saya sewakan walaupun tentunya dengan harga yang spesial.
  12. Barter. Banyak sebenarnya pelaku bisnis melakukan bisnis tapi tanpa menggunakan uang. Misalnya sebuah koran memberikan iklan gratis kepada pemilik usaha, namun pihak koran memperoleh kesempatan meraih pelanggan koran yang lebih banyak karena pemilik usaha tersebut memiliki "nama" yang dapat mendongkrak image koran tersebut.
  13. Brochure. Gunakan brosur yang konvensional dan juga brosur elekronik atau digital brochure. Efektifitas brosur biasanya baru terlihat sekitar 3 bulan kemudian. 
  14. Articles. Menulis artikel adalah sebuah senjata pemasaran yang murah meriah. Semakin banyak tulisan kita yang berfokus pada bisnis kita, maka orang akan semakin mengenal kita dan bisnis yang kita jalankan. 
  15. Advertisement. Iklan bisa kita jalankan dengan cara konvensional dengan memasang iklan di jalan atau di media massa. Iklan bisa kita lakukan juga pada media online. Umumnya iklan di media online diberikan secara gratis pada masa-masa promosi. 
  16. Computer atau laptop. Senjata ini bisa menjadi sangat dahsyat bila kita gunakan. Gunakan komputer yang terkoneksi secara online untuk penyebaran informasi dan data. 
  17. Customer List. Gunakan daftar pelanggan dalam memberikan informasi usaha kita. 
  18. Smart handphone. Gunakan smart handphone seperti blackberry, android dll dalam memasarkan produk. Saya pernah memiliki pengalaman menjual rumah dalam masa waktu hanya 1 hari terjadi transaksi penjualan hanya dengan menggunakan feature broadcast yang ada pada blackberry. 
  19. Yourself. Anda adalah seorang jenderal dalam peperangan pemasaran. Keterlibatan kita dalam setiap peperangan akan membantu kita mengetahui kekuatan dan kelemahan usaha kita. Jangan pernah meninggalkan peperangan kecuali anda sudah yakin akan menjadi pemenang. 

TOP POST THIS MONTH

About The Blog - PRAKATA

Kutipan Motivasi Terbaik dalam Al Quran dan Al Hadist

Tempat Wisata Sehari di BSD City Serpong

Kumpulan Puisi Karya Asrulsani Abu

50 Kata Mutiara dan Motivasi dari Tokoh Dunia

Cara Memilih Rumah Tinggal di BSD

Inspiring Quote: Temani, Kasihi dan Dukung

Kata Mutiara & Motivasi Tokoh Dunia Asrul Sani Abu

Asrulsani Abu The Autobiography

Catatan Perjalanan ROAD TO MAKASSAR "The 7 Awareness Leadership Training"