Indonesia adalah Bagian dari Diri Saya


Indonesia adalah Bagian dari Diri Saya...

Kalimat Itulah yang membuat saya merasa tersentak haru.... saat Barack Obama mengucapkannya dalam acara kuliah umum di Universitas Indonesia.

Amazing...!!!! LUAR BIASA!!!

Saya kagum luar biasa sehingga saya mampu merasakan getaran kharisma Sang Presiden walaupun hanya lewat layar TV.

Sang presiden merupakan salah satu teladan saya dan juga sebagian manusia di bumi karena beberapa hal, namun yang utama adalah saya melihat beliau sebagai seorang yang benar-benar tulus, bersahabat, sportif, memiliki nilai spiritual dan kebersamaan serta mampu membuat orang lain menyukainya atau bahkan mencintainya...

Kita semua menyukai bukan karena fisiknya tapi apa yang ada dalam hatinya...

HATI....(sudah lama kita tidak menggunakannya)
Yah inilah yang perlu banyak dipelajari oleh kita sebagai manusia Indonesia...dan hal ini tidak perlu dipelajari terlalu jauh sampai ke luar negeri tapi cukup melihat secara nyata dan sadar ke dalam diri kita sendiri....

Beliau dalam pidato mengagumi Indonesia dengan Bhinneka Tunggal Ikanya...Unity in Diversity atau berbeda-beda tapi tetap satu...

Saya dan mungkin banyak orang-orang lain di muka bumi ini masih merasakan bagaimana tidak enaknya “dibedakan” baik dalam hal agama ataupun suku. Sewaktu saya di luar, segelintir orang melihat kita warga Indonesia atau Asia sebagai orang yang berbeda...(mungkin saat ini sudah mulai berubah) dan saya memaklumi hal ini.

Namun yang masih saya sayangkan, di Indonesia sendiri masih banyak orang yang selalu melihat perbedaan orang lain dengan sisi agama ataupun sukunya....

Ini yang perlu diluruskan...bahwa setiap manusia Indonesia baik dari Sabang sampai Merauke adalah SATU....yaitu Indonesia.

Tidak ada lagi perbedaan....tidak ada lagi agama A atau agama B, tidak ada lagi suku x atau suku y semuanya telah berbaur menjadi satu yaitu INDONESIA...

Comments

Popular Posts