Persamaan antara Sepak Bola dan Manajemen Perusahaan

Saya mencintai Sepak Bola dan saya juga mencintai Manajemen...

Saya sering menonton bola yang indah dan dramatis...
Namun yang menarik bagi saya bukanlah semata-mata karena pertandingan bola ini dapat digilai oleh banyak orang namun saya melihat bahwa dalam pertandingan bola ini ada banyak hal yang bisa diambil ilmunya dalam menerapkan manajemen perusahaan.

Adapun persamaan yang bisa diambil dalam sepak bola dan manajemen perusahaan adalah dalam Quality Measurement (Terra=Tangible, empathy, responsibility, reliability and assurance).

Untuk lebih memahaminya saya mencoba menjelaskan tentang unsur Tangible sebagai tolok ukurnya terlebih dahulu...

Tangible atau tampilan fisik. Cobalah kita perhatikan bagaimana sebuah tim sepak bola selalu memakai baju yang sama, celana yang sama, aksesoris yang sama, logo yang sama, bendera yang sama semuanya sama jika kita berada dalam satu tim.

Nah dalam perusahaan kita bisa membuat hal yang sama dengan memakaikan para karyawan kita dengan warna baju yang sama, atau hal2 lain yang sama dengan yang lainnya agar ada "perasaan" yang sama dan saling berkaitan dengan anggota tim lainnya.

Mengapa kita harus menyamakan segala sesuatu dengan anggota tim lainnya?

Ini dikarenakan setiap manusia akan merasa senasib sepenanggungan jika segala sesuatunya sama dengan dirinya. Setiap manusia akan merasa lebih nyaman dengan orang yang kurang lebih sama dengan dirinya. Misalnya orang yang suka pakaian santai biasanya akan lebih menyukai orang yang juga memakai pakaian santai.

Saya percaya, anda atau bos anda akan cocok antara satu dengan yang lainnya jika anda memakai pakaian dengan warna yang sama. Anda akan merasa "satu" dengan orang yang memakai pakaian yang sama. Misalnya anda yang suka dengan warna pastel akan merasa senang dan nyaman berdekatan dengan orang yangn memakai pakaian yang lembut dibandingkan "berdekatan" dengan orang-orang yang berpakaian "keras".

Dalam manajamen perusahaan "perasaan satu tim" adalah hal yang mutlak. Karena pertempuran bukanlah berada dalam perusahaan tapi pertempuran yang sesungguhya adalah dengan orang-orang yang diluar tim (luar perusahaan). Dimana logo mereka, warna mereka, culture mereka berbeda dengan tim kita yaitu tim dalam perusahaan kita.

Ada banyak hal yang bisa kita lakukan agar tim kita ada "perasaan menyatu". Sehingga jika seseorang gagal menghasilkan produktifitas (dalam sepak bola goal) maka tim lainnya akan berupaya untuk mensuplai bola-bola yang bagus agar para "penyerang" tim kita dalam hal ini tim Marketing dalam mencetak GOAL-GOAL yang indah...

Dalam sepak bola dikenal striker atau penyerang, nah dalam manajemen perusahaan orang ini dikenal dengan nama Marketing Team.

Dalam sepak bola kita kenal dengan penjaga gawang, dalam manajemen perusahaan orang ini sama dengnan tim akuntan yang selalu menjaga agar "keuangan" perusahaan tidak kebobolan.

Dalam sepak bola dikenal dengan penyerang tengah, ini bisa diibaratkan sebagai para petugas administrasi perusahaan yang selalu memberikan dukungan kepada para penyerang (tim marketing) untuk mencetak bola (laba) dan juga akan selalu berusaha membantu penjaga gawang (akuntan) agar perusahaan tidak menderita kerugian (gawang kebobolan).

Dalam sepak bola dikenal Manager atau pelatih nah dalam manajemen perusahaan juga demikian akan selalu ada pelatih yang memberikan bimbingan agar tim selalu kompak dan mencetak laba bagi perusahaan.

Tujuan utama sepak bola adalah mencetak gol sebanyak-banyaknya bagi tim sepak bola, sedangkan tujuan utama perusahaan adalah MENCETAK LABA sebanyak-banyaknya bagi pemegang saham.

Jadi sepak bola dan perusahaan adalah suatu hal yang sama dan tidak terpisahkan. Jika anda bisa mengelolanya dengan baik dengan jiwa dan budaya yang baik saya rasa, tim bola atau tim perusahaan anda akan menghasilkan HAL-HAL yang indah....


SELAMAT MENIKMATI PERMAINAN ANDA....

TOP POST THIS MONTH

About The Blog - PRAKATA

Kutipan Motivasi Terbaik dalam Al Quran dan Al Hadist

Tempat Wisata Sehari di BSD City Serpong

Kumpulan Puisi Karya Asrulsani Abu

50 Kata Mutiara dan Motivasi dari Tokoh Dunia

Cara Memilih Rumah Tinggal di BSD

Inspiring Quote: Temani, Kasihi dan Dukung

Kata Mutiara & Motivasi Tokoh Dunia Asrul Sani Abu

Asrulsani Abu The Autobiography

Catatan Perjalanan ROAD TO MAKASSAR "The 7 Awareness Leadership Training"