Temukan Jalan Kebahagiaan Melalui Bisnis dari Rumah

Find your way to happiness through business @ Home atau temukan jalan kebahagiaan melalui bisnis dari rumah merupakan sebuah jalan yang coba saya lalui dan pelajari.

Beberapa cara melalui jalan tersebut adalah dengan cara:

  1. Thankful Management. Setelah bangun dari tidur, setiap pagi usahakan saat membuka mata pertama kali, kata pertama yang kita ucapkan adalah" terima kasih ya Allah atas kehidupan hari ini yang membahagiakanku". Ucapkan selalu kata terima kasih dan bersyukurlah setiap hari. Sebaiknya kita mulai juga dengan menghitung minimal 5 hal yang patut kita syukuri. Percayalah semakin sering kita bersyukur maka perasaan bahagia semakin lama semakin tumbuh dan berkembang. Di dalam Al quran sendiri disebutkan bahwa jika kita bersyukur maka nikmat yang kita terima akan semakin bertambah. 
  2. Giving Management: Setiap hari, usahakan memberi manfaat pada saat kita sudah mulai bangun dari tempat tidur. Memberi manfaat ini, misalnya minimal kita dapat meringankan pekerjaan orang lain. Misalnya membereskan kembali tempat tidur atau sekedar membersihkan lantai atau kamar. Hal ini biasanya tidak memakan waktu lebih dari 1 menit. Jika anda seorang ayah, berilah anak anda uang untuk keperluannya hari ini. Jika anda seorang yang tidak memiliki uang, minimal berilah senyuman kepada orang yang baru pertama kali anda temui saat kita bangun di pagi hari. 
  3. Joy Management: Lakukan hal-hal yang paling anda sukai. Biasanya kita akan lebih bersemangat jika kita melakukan hal yang paling kita sukai. Jika anda senang berolah-raga, lakukan olah raga di pagi hari. Saya biasanya melakukan hal yang saya sukai dengan mencuci mobil kesukaan saya. Mencuci mobil dapat membakar kalori dan sekalian dapat membersihkan mobil agar terlihat cantik. Saat kendaraan anda terlihat cantik, maka otomatis anda akan tersenyum dan merasa bersyukur telah memiliki kendaraan yang siap mengantar anda kemanapun kita ingin pergi. 
  4. Forgiveness Management: Upayakan selalu memaafkan orang-orang yang pernah melukai atau menyakiti perasaan kita. Proses memaafkan bisa dengan mengucapkannya dan mendengarkannya dengan hati. Misalnya kita mengucapkan: "Saya memaafkan orang-orang yang telah menyakiti saya." Saya memaafkan mereka....ya Allah. Ucapkanlah berkali-kali sambil membayangkan wajah orang-orang yang telah menyakiti kita.
  5. Time Management: Investasikan waktu anda sebesar-besarnya untuk kebahagiaan keluarga dan orang-orang yang anda cintai. Pada saat kita menginvestasikan waktu kita kepada keluarga, maka lambat laun keluarga akan memberikan waktunya yang berharga juga untuk kita. Karena saya adalah Muslim, maka saya menggunakankan waktu-waktu shalat sebagai acuan waktu pengaturan waktu. Misalnya waktu shalat dhuha adalah waktu "meeting" kepada sang Maha Pencipta. Setelah "meeting" kepada Sang Maha Pencipta, barulah kita melakukan aktifitas kita. Ibadah kepada Tuhan sangat penting untuk mengikutkan rencana baik Tuhan bagi kehidupan kita selama satu hari ini. Dalam berbisnis dari ruamh Time Management merupakan kelebihan dan keuntungan tersendiri. Karena kita bisa mengatur waktu sesuai dengan keinginan kita.
  6. Health Management: Jagalah kesehatan, yang dimulai dari apa yang kita makan. Makanan yang baik adalah makanan yang segar dan tidak bernyawa atau yang memiliki unsur hewani. Tapi jika memang anda menyukai makan kambing atau sapi misalnya, usahakan hanya memakannya sekali-kali saja atau 1 kali sebulan saja. Semakin sehat makanan kita, maka semakin sehat tubuh kita, dan jika tubuh kita semakin sehat makan jiwa kita akan semakin mudah memperoleh perasaan bahagia. 
  7. Mindset Management: Banyak orang menganggap bahagia itu memiliki persyaratan. Padahal sebenarnya bahagia itu tidak memiliki syarat. Bahagia itu tidak harus meminta ijin kepada orang tua, kepada atasan atau kepada keluarga kita. Bahagia itu adalah hak kita. Bahagia itu tidak membutuhkan materi, karena kebahagiaan yang sebenarnya adalah pada saat kita merasa bersyukur. 
  8. Spiritual Business Management: Temukan bisnis yang anda sukai dan anda cintai yang dapat anda lakukan walaupun anda tidak digaji sekalipun. Bisnis yang dimulai dengan spirit cinta, akan menghasilkan bisnis yang ber"jiwa". Setiap bisnis sebenarnya juga memiliki jiwa, yang biasanya jiwa bisnis tersebut diturunkan dari sang pemilik bisnis. Semakin mulia niat kita dalam berbisnis, maka semakin baik dan mulia bisnis yang kita kembangkan. Bisnis yang baik adalah bisnis yang berorientasi pada Tuhan (God Oriented). Bisnis yang berorinetasi pada Tuhan, uang bukanlah tujuan utama. Tapi tujuan utama adalah "memuaskan" Tuhan. Jadi mencari tahu bagaimana memuaskan keinginan Tuhan. Jadi Bisnis merupakan pengabdian yang tulus kepada Tuhan dengan melayani dan memberi manfaat kepada seluruh mahkluk ciptaan Tuhan.  



Postingan populer dari blog ini

Asrulsani Abu The Autobiography

My Books in Sani Library

Cara Memilih Rumah Tinggal di BSD

Tempat Wisata Sehari di BSD City Serpong

PUISI: Kau yang Berbohong, Aku yang Merasa

Visi Misi dan 9 Program Caleg Tangsel