Mengapa Harus Pasang Iklan?

Saat makan siang, ada sebuah produk minuman yang kami minum yang kami beli di FoodHall Grand Indonesia. Tiba-tiba anak saya Zayyan yang masih berusia 12 tahun berkata kepada kami semua yang sedang makan siang bersama. "Kenapa sih orang pada pasang iklan?", " trus kalo mereka pasang iklan itu artinya produknya nga laku dong?".....

Sayapun langsung tersenyum bercampur bangga, sang anak dapat berpikir sampai kesana, walaupun hanya melihat sebuah botol minuman yang akan diminumnya....

Saya jadi teringat, bahwa sebuah perusahaan yang tidak beriklan bagaikan seorang cowok yang mengedipkan matanya pada seorang cewek di tengah kegelapan malam di hutan. 

Artinya....
Bagaimana seorang cewek yang ditarget sang cowok untuk mengenal dirinya jika sang cowok melakukannya di tengah kegelapan malam, di hutan pula lagi....

Begitu juga dengan perusahaan.
Bagaimana mungkin konsumen mengetahui produk atau jasa kita jika kita tidak memasang iklan?

Iklan adalah sangat penting untuk membangun pengetahuan (cognitive) akan adanya produk atau jasa kita. Apa manfaat yang akan mereka terima jika memakai produk atau jasa kita. 

Setelah mereka mengetahui produk atau jasa kita, maka bagaimana mereka  menyukai atau kalau perlu mencintai produk atau jasa kita (affective).

Setelah mereka menyukai produk / jasa kita, bagaimana caranya agar para pelanggan mau membeli atau menggunakan produk dan jasa kita. 

Untuk tahap awal usaha, maka iklan adalah sangat penting untuk menciptakan kesadaran akan keberadaan produk yang pasarkan. 

Jika kesadaran akan produk dan jasa kita telah tercipta, maka tahap berikutnya adalah membuat pelanggan menyukainya lalu yang terakhir setelah menyukainya, maka diharapkan membeli produk dan jasa kita.

Untuk menciptakan kesadaran inilah, dibutuhkan beragam kreatifitas dan imaginasi. Karena semakin kreatif iklan tersebut maka semakin memudahkan konsumen dalam melirik dan mencari tahu ada apa dibalik pesan yang telah disampaikan oleh si pemasang iklan. 




Postingan populer dari blog ini

Tempat Wisata Sehari di BSD City Serpong

Cara Memilih Rumah Tinggal di BSD

99 My Wish and Dream

Asrulsani Abu The Autobiography

Inspiring Bugis Quote: Kata Mutiara Bugis dalam Memilih Pemimpin

Buku Happiness Management

Kumpulan Kisah Puisi: "Sang Wali"

Masjid Terbaik di Indonesia yang Pernah Saya Kunjungi

My 3rd Books