Manajemen Efektif dan Efisien


Apa itu Manajemen?

Manajemen secara sederhana dapat dikatakan mengelola sesuatu dengan cara yang efektif dan efisien. 

Secara umum, manajemen merupakan sebuah proses perencanaan (PLANNING), pengorganisasian (ORGANIZING), pengaksian (ACTUATING), dan pengontrolan (CONTROLLING) untuk mencapai target secara efektif dan efisien.

Jadi, jika suatu proses target perencanaan yang telah tercapai secara efektif dan efisien dikatakan sebuah proses yang memiliki manajemen yang berkualitas.

Lalu kemudian, apa itu efektif dan efisien? 


Sesuatu dikatakan efektif jika proses perencanaan sesuai dengan target yang telah kita tetapkan. Secara umum, efektif mengacu pada tujuan. Semakin dekat proses yang kita peroleh dengan target tujuan kita maka semakin efektif proses manajemen yang kita lakukan.

Sedangkan dikatakan efisien jika kita dapat mencapai tujuan dengan waktu yang sesuai dengan biaya hemat dalam mencapai suatu tujuan. Secara sederhana efisien mengacu pada biaya dan waktu yang tepat dalam mencapai sasaran. Semakin sedikit waktu dan biaya yang dibutuhkan dalam mencapai tujuan maka semakin efisien proses yang kita lakukan

Contoh sederhana sehari-hari adalah jika kita ingin ke Jakarta dari Tangerang, maka dapat dikatakan kendaraan yang paling efektif dan efisien adalah dengan menggunakan kendaraan motor. Mengapa? 

Karena motor memiliki waktu yang lebih cepat tiba ke tujuan dan juga memiliki biaya yang paling hemat ke tujuan.

Namun, efektifitas dan efisiensi seseorang tidak semata-mata bergantung target, waktu dan biaya yang hemat saja. 

Ini juga tergantung pada berbagai hal. 

Misalnya jika hujan, apakah motor dapat menjadi kendaraan yang efektif dan efisien untuk mencapai tujuan kota Jakarta?....

Jadi, Manajemen sebenarnya tidak hanya berfokus pada efektifitas dan efisiensi semata namun juga memiliki ketergantungan dengan bidang-bidang lainnya yang pada akhirnya bisa jadi di suatu waktu tertentu Manajemen tersebut cocok untuk dilakukan, namun bisa jadi juga dalam suatu periode waktu tertentu strategi manajemen lain juga dapat diterapkan, semua tergantung dengan kondisi yang memang juga selalu mengalami perubahan. 

Manajemen digunakan untuk membantu manusia dalam mencari cara yang paling efektif dan efisien dalam mencapai tujuan. 

Setiap tujuan berbeda-beda untuk itu strategi manajemenpun berbeda-beda. 

Keahlian dalam bidang Manajemen tertentu, belum tentu bisa menjadikannya ahli dalam bidang yang lain. 

Namun secara umum manajemen mampu memberikan ilmu dalam tata kelola fikiran dan hati untuk menggapai target-target tertentu. 

Ilmu Manajemen adalah ilmu seni untuk itu setiap orang memiliki ciri khasnya masing-masing dalam menerapkan ilmu Manajemen. 





Comments

Popular posts from this blog

Tempat Wisata Sehari di BSD City Serpong

Cara Memilih Rumah Tinggal di BSD

Kami Benci Film (ayat-ayat cinta) Indonesia?