Manajemen Blusukan Jokowi, Khas Nabi

Manajemen Blusukan khas Jokowi sebagai Gubernur DKI Jakarta membawa pro kontra terutama tidak terlalu disetujui oleh Gubernur DKI Jakarta sebelumnya. Padahal Manajemen Blusukan Khas Jokowi ini sebenarnya sangat disukai oleh masyarakat pada umumnya. 

Manajemen Blusukan khas Jokowi ini, setiap hari tidak hanya duduk di kantor dan menerima laporan dari para staffnya. Namun sebaliknya Jokowi malah menerapkan sistem manajemen lapangan atau blusukan. 

Jokowi setiap hari datang dan berkunjung ke lokasi rumah kumuh, pasar, lokasi bencana, kantor pemerintahan dan lokasi-lokasi lain untuk mengecek kondisi lapangan secara langsung. Ini adalah Control Management terbaik, karena dengan turun ke lapangan dan melihat sendiri serta mendengar langsung permasalahan yang terjadi, maka Jokowi dapat dengan mudah dan cepat menyelesaikan permasalahan yang biasanya sudah berlangsung sekian lama. 

Manajamen Blusukan khas Jokowi sebenarnya telah sejak ribuan tahun lalu dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW. Nabi Muhammad SAW sendiri sering datang dan berkunjung ke setiap rumah dan lokasi untuk melakukan silaturahmi. Dalam silaturahmi itulah ada banyak informasi dan permasalahan yang biasanya disampaikan kepada Nabi. Dan nabi langsung memberikan solusi-solusi terbaik yang dapat menyelesaikan masalah masyarakat baik di dunia maupun di akhirat kelak. 

Silaturahim sendiri berasal dari bahasa Arah yang berarti shilah yaitu hubungan dan rahim adalah kasih sayang. Jadi Silaturahmi adalah jalinan kasih sayang antara sang tamu dengan orang yang didatangi. 

Dengan adanya silaturahmi inilah masyarakat banyak yang menaruh kasih sayang kepada Jokowi sang pemimpin DKI Jakarta. 

Manajemen Blusukan adalah Manajemen Silaturahmi yang dilakukan Nabi sejak jaman dahulu yang diterapkan setiap hari oleh Joko Widodo. 

Dalam Manajemen Blusukan khas Jokowi ini, fungsi manajemen seperti planning, organizing, actuating dan controlling terbukti dapat dilaksanakan secara cepat dan optimal. Terutama pada fungsi Controlling Management. 

Manajemen Blusukan menngoptimalkan fungsi Controlling Management dengan mengetahui akar masalah yang sedang dihadapi masyarakat. Ini hanya bisa dilakukan dengan baik jika ada unsur silaturahim atau hubungan kasih sayang yang dicurahkan Jokowi kepada masyarakatnya. Tanpa ada unsur hati yang benar-benar ikut merasakan masalah yang dihadapi masyarakatnya, maka Manajemen Blusukan akan sulit untuk menyelesaikan masalah.

Disinilah kepiawaian Jokowi dalam Eksekusi atau Actuating Management. Setiap permasalahan langsung ditampung, dan dengan segera dicarikan solusi yang tepat dengan menghadirkan hubungan hati nurani antar sesama manusia. Kehadiran hati Jokowi inilah yang sampai saat ini, masih banyak pemimpin di Indonesia yang sulit mengimplementasikannya. 

Karena Cinta Nabi kepada umatnya melebihi segalanya, maka Sang Nabi Muhammad SAW juga memperoleh curahan cinta dari umatnya dengan banyaknya shalawat nabi yang selalu dikumandangkan. Begitu juga Jokowi jika blusukan ke masyarakat banyak yang mengelu-elukan beliau dengan kata-kata "hidup Jokowi" seolah-olah mereka mengucapkan shalawat kepada "Sang Nabi...."

Jokowi, betul-betul telah menjadi Super Hero bagi masyarakat karena begitu banyak hal positif yang telah dan selalu dilakukannya untuk menyelesaikan permasalahan yang terjadi (problem solving management).

Manajemen khas Jokowi ini, bisa kita saksikan setiap hari dan seolah-olah membuat kita kagum karena seringnya beliau bersilaturahmi, maka seolah-olah kitapun mulai jatuh cinta dengan kebaikan hatinya....

Bayangkan, jika kita menggunakan Silaturahim Management setiap hari.....kira-kira apa yah yang akan kita peroleh?......
Bayangkan, jika setiap hari kita bisa membantu memberi solusi kepada setiap permasalahan orang lain, kira-kira cinta apakah yang akan kita peroleh.....

Bayangkan, jika setiap pemimpin di Indonesia menggunakan Manajemen Blusukan atau Manajemen Silaturahim untuk menyelesaikan setiap akar masalah yang terjadi di Indonesia, saya rasa Indonesia akan semakin pesat maju dan berkembang yang semoga pada akhirnya dapat memberikan kesejahteraan bagi seluruh manusia Indonesia.







Postingan populer dari blog ini

Tempat Wisata Sehari di BSD City Serpong

Cara Memilih Rumah Tinggal di BSD

99 My Wish and Dream

Asrulsani Abu The Autobiography

Inspiring Bugis Quote: Kata Mutiara Bugis dalam Memilih Pemimpin

Buku Happiness Management

Kumpulan Kisah Puisi: "Sang Wali"

Masjid Terbaik di Indonesia yang Pernah Saya Kunjungi

My 3rd Books