Mengapa Kita Harus Membela Islam? (Aksi Bela Islam 212)


Seperti biasa, bangun pagi langsung mengecek handphone yang biasanya saya check setelah shalat subuh. 

Ternyata ada banyak pertanyaan yang bertanya tentang mengapa kita harus membela agama Islam?.....

Sambil berjalan ke kamar mandi, sayapun berpikir dan bertanya ke diri saya sendiri mengapa saya harus membela agama saya?

Lalu muncul kembali pertanyaan...

Mengapa kita harus membela Allah SWT yang Maha Kuasa?

Mengapa kita harus membela bumi ini?

Mengapa kita harus membela ayah kita?

Mengapa kita harus membela ibu kita?

Mengapa kita harus membela keluarga kita?

Mengapa kita harus membela pasangan kita?

Mengapa kita harus membela anak kita?

Mengapa kita harus membela sahabat, teman kita?

Mengapa kita harus membela kerabat kita?

Mengapa kita harus membela tetangga kita?

Mengapa kita harus membela kelompok/golongan kita?

Mengapa kita harus membela suku kita?.....

Mengapa kita harus membela semuanya?.....

Pertanyaan-pertanyaan ini semakin lama semakin banyak muncul...

KENAPA?

Karena..... Hari Jumat, tanggal 2 Desember 2016 atau dikenal 212 adalah hari bersejarah yang akan dikenang sepanjang masa sebagai hari terbesar berkumpulnya umat Islam untuk berdoa dan berkumpul bersama dalam rangkaian kegiatan Aksi Bela Islam jilid 3. 

Aksi Bela Islam ini akan dipusatkan di kawasan Monumen Nasional (Monas) Jakarta, yang kemungkinan besar akan dihadiri oleh jutaan warga Islam dan juga dari berbagai elemen masyarakat serta keagamaan lainnya sebagai ungkapan persatuan dan kesatuan untuk menolak penistaan oleh siapapun untuk agama apapun di bumi nusantara. 

Aksi ini didasari oleh adanya anggapan sebagian besar umat Islam yang dikuatkan oleh fatwa MUI bahwa ada penistaan agama Islam oleh Basuki Tjahaya Purnama seorang gubernur DKI yang beragama kristen dan bersuku Tionghoa. 

Aksi ini, sebenarnya masih banyak yang pro dan kontra bahkan di kalangan umat Islam sendiri. Banyak yang masih belum paham mengapa harus membela Islam. 

Ada banyak sekali elemen umat Islam yang terus mendesak pemerintah agar gubernur DKI ditahan, namun ada juga sebagian umat Islam yang menganggap bahwa hal ini tidak perlu dibela atau dibesar-besarkan. Mereka menganggap bahwa sang gubernur telah meminta maaf dan kasus ini sudah masuk ke ranah hukum serta sedang ditangani dengan cukup professional oleh pihak aparat hukum.  

Namun, ada beberapa hal juga yang membuat umat Islam yang masih ragu dengan dasar mengapa harus membela Islam. 

Untuk itu, disini ada beberapa ayat Al quran yang bisa dijadikan dasar mengapa harus membela Islam. Agama rahmatan lil alamin.... yang mengedepankan perdamaian dan rahmat bagi seluruh alam. 

Hai orang-orang mukmin, jika kamu menolong (agama) Allah, niscaya Dia akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu. (QS. Muhammad: 7) 

Sesungguhnya Allah pasti menolong orang yang menolong (agama)-Nya. Sesungguhnya Allah benar-benar Maha Kuat lagi Maha Perkasa. (QS. Al-Hajj: 40)


Tidaklah sama antara mukmin yang duduk (yang tidak ikut berperang) yang tidak mempunyai 'uzur dengan orang-orang yang berjihad di jalan Allah dengan harta mereka dan jiwanya. Allah melebihkan orang-orang yang berjihad dengan harta dan jiwanya atas orang-orang yang duduk satu derajat. Kepada masing-masing mereka Allah menjanjikan pahala yang baik (surga) dan Allah melebihkan orang-orang yang berjihad atas orang yang duduk dengan pahala yang besar. (QS. An-Nisaa: 95)


Dan sesungguhnya Kami benar-benar akan menguji kamu agar Kami mengetahui orang-orang yang berjihad dan bersabar di antara kamu, dan agar Kami menyatakan (baik buruknya) hal ihwalmu (QS. Muhammad: 31)

Mereka (yahudi) berkata: Hai Musa, kami sekali sekali tidak akan memasukinya selama-lamanya, selagi mereka ada didalamnya, karena itu pergilah kamu bersama Tuhanmu, dan berperanglah kamu berdua, sesungguhnya kami hanya duduk menanti disini saja (QS. Al-Maidah: 24).

Jika Allah menolong kamu, maka tak adalah orang yang dapat mengalahkan kamu; jika Allah membiarkan kamu (tidak memberi pertolongan), maka siapakah gerangan yang dapat menolong kamu (selain) dari Allah sesudah itu? (QS. Ali Imran: 160).

Dan tolong-menolonglah kamu dalam kebaikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran. Dan bertakwalah kamu kepada Allah, sesungguhnya Allah amat berat siksaNya. (QS. Al Maidah: 2)

Hai orang-orang yang beriman, jadilah kamu penolong (agama) Allah (QS Al-Shaff: 14).

Sesungguhnya Allah tidak merubah keadaan suatu kaum sehingga mereka merubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri (QS. Ar-Rad: 11)

Kesimpulan dari hal ini adalah sebagai umat Islam memang wajib untuk menolong atau membela agama yang dianut.

Pembelaan ini adalah semacam ujian seberapa dalam kecintaan kita kepada agama yang kita junjung tinggi.

Dan ujian ini akan memberikan hikmah yang dalam bagi perjalanan kita di masa depan.

Lalu seorang teman sekampung kembali bertanya melalui media sosial....

Bagaimana caranya agar kita menolong agama Allah?....

Jawabannya uatamanya adalah

1. Jihad. "Berperang" di jalan Allah yang lurus sesuai dengan nilai-nilai Islam. Jihad disini adalah berjuang dan berkorban semata-mata untuk Allah SWT.

2. Membantu menyebarkan dan meneguhkan nilai-nilai Islam di dunia agar lebih banyak orang yang terselamatkan dan akhirnya mendapatkan hidayah sehingga pintu surga terbuka untuk mereka.

3. Menerapkan nilai-nilai kebaikan Islam dalam setiap sendi kehidupan sehingga kehidupan dunia dapat berjalan dengan harmonis sesuai dengan aturan Allah SWT. 

Dalam ilmu pemasaran yang saya pelajari. Jika kita melihat dalam pandangan "brand" agama, Islam  yang sangat fenomenal dengan trend perkembangan yang pesat telah membuatnya semakin dikenal dan semakin banyak yang memeluk agama Islam. Walaupun tentu dengan semakin berkembangnya agama ini banyak yang tidak mengenalnya dengan baik sehingga hanya melihat dari sisi media yang tentu dari media yang berbayar akan berpengaruh pada tuntutan ekonomi. Pemilik media yang berbayar akan menggunakan "the power of money" untuk mempengaruhi gerakan nilai-nilai Islam yang mulai semakin berpengaruh di dunia.

Untuk itu, mari kita "create great awareness of Islam" sebagai agama yang damai dan memberikan rahmat bagi dunia bahkan bagi seluruh alam semesta.

Kerinduan kita, bahwa agama Islam dikenal sebagai agama yang penolong, yang menolong manusia dari keterpurukan dan jebakan kehidupan. Sehingga semakin banyak manusia yang tertolong maka semakin banyak manusia-manusia baik dan berkualitas yang berkumpul di surga Allah SWT.

Tetap berjuang dalam kebenaran dan kebaikan walau hanya dengan doa dan segelas air putih.
Karena setiap kebaikan pasti dibalas oleh Allah SWT.

Itulah janjiNya. 


Postingan populer dari blog ini

Tempat Wisata Sehari di BSD City Serpong

Cara Memilih Rumah Tinggal di BSD

99 My Wish and Dream

Asrulsani Abu The Autobiography

Inspiring Bugis Quote: Kata Mutiara Bugis dalam Memilih Pemimpin

Buku Happiness Management

Kumpulan Kisah Puisi: "Sang Wali"

Masjid Terbaik di Indonesia yang Pernah Saya Kunjungi

My 3rd Books