7 Tips Sebelum Membeli Mobil Bekas Pakai

Ada banyak kejadian, orang yang tadinya ingin membeli mobil bekas dengan keuntungan yang berlipat namun malah mendapatkan kerugian. Untuk itu, kita perlu panduan dan tips agar kita untung dalam membeli mobil bekas diantaranya adalah:
  1. Cek Dokumen. Periksalah keabsahan surat-surat kendaraan dengan seksama dan cocokkan dengan kendaraan yang akan dibeli. Periksalah STNK, No. Polisi dan BPKB yang ada. Jangan lupa cek keberadaan fakturnya juga. 
  2. Cek Kondisi Bodi Mobil. Kelilingilah semua sudut mobil, periksalah kondisi cat dan kalau perlu diketuk jika ada sesuatu yang mencurigakan seperti bekas dempul karena telah dicat untuk menutupi bekas tabrakan. 
  3. Cek Kondisi Interior Mobil. Periksalah pintu dan jendela mobil terutama pada baut-bautnya yang jika terlihat banyak karatan kemungkinan besar mobil pernah terendam banjir. Cobalah juga cek kondisi karpet mobil apakah berbau apek atau tidak. 
  4. Cek Kondisi Mesin Mobil. Periksalah kondisi accu dan radiator mobil serta periksa pula no mesin dan no rangkanya apakah sudah sesuai dengan STNK yang ada. Ini untuk memastikan apakah mobil bekas curian atau bukan. 
  5. Pastikan lokasi tempat pembelian adalah lokasi yang dapat dipercaya bukan tempat yang ilegal atau tidak resmi seperti di jalan trotoar atau lapangan yang tidak jelas. 
  6. Pastikan harga yang diberikan tidak terlalu murah karena barang yang terlalu murah pasti menunjukkan kualitas yang diragukan. Bisa jadi ini untuk menutupi kekurangan yang ada pada mobil. 
  7. Pastikan membeli dengan tenang dan tidak dalam tekanan atau tergesa-gesa. Tetaplah berpikir santai dan positif serta cobalah mencoba kendaraan walau sebentar untuk memastikan kondisi kendaraan. Biasanya suara mesin mobil agak lebih keras jika mobil pernah terendam banjir untuk itulah tetap berhati-hati dan selalu mengecek kondisi kendaraan dengan baik serta tanyakan kepada pemilik kendaraan dengan baik dan sopan. 

Comments

Popular Posts