Seminar Nasional: Jangan Mau Jadi UKM (Usaha Kecil Melulu) Strategi Branding & Penguatan Merek


Seminar nasional yang berjudul “Jangan Mau jadi UKM” atau Usaha Kecil Melulu (Strategi Branding dan Penguatan Merk) telah berhasil diselenggarakan dengan baik, lancar dan sukses. 

Acara ini bertempat di Auditorium Kementerian dan Perdagangan Depok dan dihadiri oleh ratusan peserta UKM sejabotabek. Para peserta yang banyak berasal dari kalangan pengusaha UKM terlihat bersemangat dalam mengikuti acara yang luar biasa ramai ini. Seminar ini diselenggarakan bertujuan untuk memberikan “knowledge & inspiration” bagi pelaku usaha khususnya UKM Indonesia untuk mampu bangkit dan bersemangat berjuang untuk membela Indonesia terutama produk UKM dalam persaingan global (MEA-Masyarakat Ekonomi Asean) di tahun 2016 nanti. 

Salah satu kesimpulan penting yang dapat disarikan dalam seminar nasional ini adalah bahwa salah satu contoh keberhasilan sebuah perusahaan adalah bahwa perusahaan tersebut telah sukses memiliki brand yang kuat. Sebut saja misalnya brand Apple, brand Mercy, brand BMW, brand Toyota, brand Adidas dan lain-lain, dapat dikatakan brand-brand ini telah sukses mengglobal dan masuk ke benak konsumen sehingga konsumen loyal dalam menggunakan produk atau jasanya. Dipaparkan bahwa sebuah brand seperti Apple memiliki nilai yang sangat tinggi bahkan dapat jauh melebihi APBN negara Indonesia. 

Sebuah brand yang dikenal berkualitas di benak konsumen memberikan nilai tersendiri bagi produk atau jasa yang ditawarkan kepada konsumen. Branding sangat dibutuhkan oleh setiap pelaku usaha sebagai alat untuk mengidentifikasi produk atau jasa kita dibandingkan dengan kompetitor lainnya. Branding juga sebagai salah satu cara agar kita pelaku usaha tidak terjebak dalam “perang harga”. Inilah salah satu alasan penting mengapa branding dalam perusahaan sangat penting untuk dibuatkan strategi yang jitu. 

Dalam seminar ini, tidak hanya menghadirkan para pakar yang memberikan ilmu pengetahuannya namun juga ada bedah kasus nyata yang telah dilakukan sebuah perusahaan nasional seperti Gaido travel CEO Gaido Group Muhammad Hasan Gaido mampu memberikan contoh yang jelas bagaimana perusahaan yang baik dapat dimulai dengan perencanaan yang matang, target yang jelas, strategi jitu, tim yang solid dan orang-orang yang “smart” dalam tim sehingga perusahaan dapat berjalan dengan baik dan sukses seperti yang telah dilakukannya sehingga mampu mengkomandani perusahaan hingga berjalan 13 tahun dalam mengarungi perjalanan jatuh bangunnya sebuah usaha. 

Gaido travel yang tadinya dimulai berkantor dari sebuah perusahaan kecil di Jakarta, kini dalam usianya yang cukup matang telah berhasil memiliki beberapa anak perusahaan seperti: PT. Bisnis Banten, PT. Media Majalah Indonesia, PT. Gaido Citra Media, PT Sani Mobil Indonesia dan lain-lain yang walaupun usia anak perusahaan ini masih terbilang muda namun telah memiliki branding yang kuat berkat strategi yang jitu perusahaan induk yang mampu mengajarkannya kepada para pimpinan perusahaan lainnya sehingga pada akhirnya memberikan inspirasi bagi kita semua.


Comments

Popular posts from this blog

Tempat Wisata Sehari di BSD City Serpong

Cara Memilih Rumah Tinggal di BSD

Kami Benci Film (ayat-ayat cinta) Indonesia?