Total Life Management

Total Life Management adalah sebuah tata kelola manajemen kehidupan secara menyeluruh dimulai dari diri kita dahulu yang dimulai dari jiwa terdalam kita yaitu SOUL, lalu hati atau Heart, kemudian MIND atau fikiran kita  lalu kemudian tubuh kita atau BODY, kemudian UNIVERSE yang untuk memudahkan dalam mengingatnya disingkat menjadi SHM-BU.

Kehidupan ini selalu berada dalam keteraturan sesuai dengan jalanNya. Hanya saja terkadang kita melupakan atau mengabaikan jalan yang telah ditetapkanNya yang berakibat menjadikan kita menderita dan jauh dari jalan yang benar yang semestinya jalan yang kita tempuh adalah jalan kebahagiaan yang telah dianugerahkan kepada seluruh makhluk. 

Dalam perjalanan kehidupan yang kita jalani ada banyak kesalahan jalan yang bisa saja kita lewati jika kita tidak mengetahui jalan yang benar. Intinya kita sebagai manusia perlu memahami SHM-BU atau Formula Life Management agar dapat hidup di jalan yang sesuai dengan jalanNya sehingga dapat hidup bahagia dunia-akhirat. 

Pada tahap pertama yang perlu kita kelola adalah SOUL atau JIWA kita. Jiwa kita bersumber dari Sang Maha Suci. Jiwa kita adalah perwakilan sifat dari Tuhan yang Maha Suci. Kesucian jiwa kita terkadang terkotori oleh tindakan kita selama di dunia. Padahal sewaktu kita lahir semuanya berjiwa suci. Jiwa yang suci inilah jika kita mampu mengelola dan menjaganya dengan baik maka akan sangat banyak membantu dalam mengelola kehidupan kita di masa depan. 

Yang kedua adalah HEART atau HATI kita. Hati kita perlu dibersihkan dari hal-hal yang negatif akibat paparan duniawi yang negatif. Dibutuhkan HATI yang SABAR dan MEMAAFKAN untuk menyelesaikan berbagai masalah yang sering datang yang sering kali tidka sesuai dengan keinginan kita sebagai manusia biasa. 

Yang ketiga adalah MIND atau PIKIRAN kita. Pikiran adalah sebuah komputer yang SANGAT CANGGIH yang dititipkan Tuhan kepada kita untuk digunakan dalam menyelesaikan masalah kebutuhan dan keinginan kita selama berada di planet bumi. Pikiran ini sangat mudah terkontaminasi dengan lingkungan yang ada di bumi. Disini perlunya FILTER untuk dapat mengelola agar semua yang masuk kedalam otak kita adalah ha-hal yang positif. 

Yang keempat adalah BODY Management atau pengelolaan tubuh. Tubuh kita adalah sebuah "robot" yang dibuatkan Tuhan untuk kita yang berfungsi untuk menjalankan ibadah atau ketentuan yang telah digariskanNya. Seseorang yang bekerja sesuai dengan JIWA, HATI dan PIKIRANNYA maka akan menghasilkan hasil yang Maha Dahsyat karena sesuai dengan yang telah digariskanNya. Inilah yang disebut dengan ibadah yang memiliki pahala amalan dari Tuhan Sang Maha Pencipta. 

Yang kelima adalah UNIVERSE Management atau pengelolaan alam semesta. Manusia telah diciptakan oleh Sang Maha Pencipta untuk menjalankan tugas menjaga dan memelihara serta mengembangkan alam semesta agar sesuai dengan jalanNya. Inti utama penciptaan manusia adalah sebagai pemimpin di alam semesta ini yang seharusnya mampu mengelola alam semesta ini dengan baik dan hebat yang tentunya dimulai dari Jiwa yang hebat, Hati yang Hebat, Pikiran yang Hebat dan tubuhnya yang Hebat sehingga terciptalah tata kelola kehidupan di alam ini yang membahagiakan bagi seluruh makhuk Allah SWT.

Manajemen diri yang setengah-setengah akan sangat berbahaya tidak hanya bagi diri kita sendiri namun juga bagi seluruh alam semesta. Untuk itu, dibutuhkan pengelolaan diri secara total agar terjadi keseimbangan dan harmonisasi di alam semesta ini yang dimulai dari diri kita sendiri.



  


Postingan populer dari blog ini

Cara Memilih Rumah Tinggal di BSD

Tempat Wisata Sehari di BSD City Serpong

Asrulsani Abu The Autobiography

My Books in Sani Library

5 Karakter Orang Bugis Makassar yang Perlu Ditiru

99 My Wish and Dream

Kumpulan Puisi Karya Asrulsani Abu