Pemilu Presiden 2014 dalam Pandangan Marketing

Pemilu presiden 2014 kali ini, sangat menarik dan membuat saya tergugah untuk menulis tentang pemilihan presiden ini. 

Prabowo dan Jokowi adalah 2 orang putra terbaik bangsa Indonesia yang dipilih untuk menjadi calon presiden Indonesia di masa depan. 

Prabowo dan Jokowi adalah dua karakter yang berbeda dengan juga dua jenis karakter pemilih yang berbeda. 

Dalam Marketing, untuk melihat kualitas seseorang, saya lebih suka menggunakan pendekatan pada Quality Management Measurement yaitu: TERRA. 
Apa itu TERRA? Terra adalah singkatan dari...

Tangible
Empathy
Responsiveness
Reliability and
Assurance.

Untuk kualitas Tangible atau penampilan bisa dikatakan secara umum penampilan Prabowo lebih ganteng dari pada Jokowi yang berpenampilan biasa dan sederhana. Ada banyak juga yang melihat aura seorang presiden Indonesia mirip dengan Prabowo.
Namun di mata masyarakat kita sekarang ini, pada umumnya mereka lebih merindukan sosok pemimpin yang sederhana dan tidak bergaya borjuis. Jadi disini Jokowi sebenarnya bisa mengambil celah keuntungan dari kebutuhan masyarakat Indonesia yang mulai mendambakan pemimpin yang berpenampilan biasa dan sederhana dibandingkan dengan yang berpenampilan kelas atas atau jet set. 

Untuk kualitas Empathy. Jokowi terlihat jauh lebih tinggi memiliki tingkat Empati yang diatas rata-rata dibandingkan seluruh pemimpin Indonesia lainnya. Ini dimungkinkan karena Jokowi selalu ingin mendengar langsung keluhan dan permasalahan masyarakat dengan "metode Blusukannya". Metode blusukan inilah yang sepertinya disukai oleh masyarakat karena masyarakat merasakan ada yang mau mendengarkan dan memberikan solusi dari permasalahan mereka. 

Untuk kualitas Responsiveness. Jokowi memiliki tingkat respon yang tinggi. Tingkat respon ini bisa terlihat dari cara beliau menjawab setiap pertanyaan terutama bagi wartawan. Yah Jokowi dikenal dekat dengan wartawan olehnya itu banyak diikuti oleh wartawan kemana saja bapak Jokowi berkaktifitas. Tentunya ini memberikan keuntungan berganda baik bagi Jokowi juga bagi wartawan itu sendiri. Kualitas respn yang baik inilah yang memunculkan banyak relawan atau orang-orang yang dengan ikhlas membantu bapak Jokowi baik secara tenaga maupun secara materi yang tercermin semakin banyaknya rakyat yang menyumbang dan mensedekahkan uang mereka untuk Jokowi agar beliau bisa menjadi presiden RI.

Untuk kualitas Reliability. Jokowi terlihat lebih unggul. Intinya jika kita ingin seorang pemimpin yang benar-benar dapat diandalkan dalam bekerja sebagai pelayan masyarakat. Maka bapak Jokowi adalah pemimpin yang tepat, karena kita percaya walaupun ada masalah beliau dapat kita andalkan dalam menyelesaikannya. Baik itu masalah kota, provinsi hingga masalah seluruh penjuru negeri bisa diselesaikannya dengan baik. Namun ada juga sebagian banyak rakyat yang melihat bahwa Prabowo lebih dapat diandalkan daripada Jokowi jika dilihat dari gesturenya.

Untuk kualitas Assurance. Kualitas jaminan disini memang tidak terlalu tinggi, namun kita bisa melihat track record seorang pemimpin sebagai jaminan bahwa apa yang akan dikerjakannya biasanya sama metodenya dengan apa yang akan dikerjakannya kemudian. Jokowi adalah fenomena pemimpin Indonesia yang langka namun begitu dibutuhkan oleh bangsa Indonesia saat ini.  Sebaliknya Prabowo memang terlihat belum terlalu banyak pekerjaan yang mampu dibanggakan, tentunya juga kita tidak dapat menutup mata bahwa beliau juga seorang prajurit dan komandan kopassus yang disegani hingga sekarang. Prabowo juga dianggap berhasil memimpin sebuah partai baru dengan tingkat elektabilitas yang semakin meningkat. Kemampuan dan gaya Prabowo yang terlihat lebih tegas memberikannya cukup banyak masyarakat yang melihatnya sebagai salah seorang putra Indonesia yang mampu memimpin Indonesia dengan lebih membanggakan sehingga tidak direndahkan oleh bangsa lain.

Dalam pemilihan presiden Indonesia kali ini, rakyat sebenarnya sudah banyak yang cukup cerdas dalam memilih pemimpin yang sesuai dengan kebutuhannya. Kita sudah cukup lama menderita dengan berbagai permasalahan bangsa Indonesia yang semakin banyak. Permasalahan bangsa ini adalah terletak pada manusia Indonesia itu sendiri. 

Korupsi yang semakin meraja lela membabi buta menghajar seluruh penjuru Indonesia. 

Ini harus dihentikan dengan segera.
Sebelum bangsa ini jatuh terpuruk karena keserakahan segelintir orang yang haus akan kekuasaan...dengan menghalalkan segala cara tanpa mau bekerja dengan tulus ikhlas sesuai dengan hati nuraninya. 

Semoga kedepan, Indonesia mampu memilih pemimpin yang terbaik bagi Indonesia yang Makmur, Maju dan Berdaulat.

Foto Unik dan Menarik Deklarasi Capres RI






Comments

Popular posts from this blog

Tempat Wisata Sehari di BSD City Serpong

Cara Memilih Rumah Tinggal di BSD

Kami Benci Film (ayat-ayat cinta) Indonesia?