Konsep Inti Pemasaran dalam Kaitannya dengan Islam sebagai Rahmat bagi Seluruh Alam

Core Concept of Marketing

Konsep inti pemasaran dalam kaitannya dengan islam sebagai rahmat bagi seluruh alam, bisa diuraikan secara sederhana dilihat dari inti utama dari pemasaran itu sendiri. 

Inti pemasaran adalah bagaimana memuaskan dan memenuhi kebutuhan serta keinginan manusia.

Dimana pemasaran itu sendiri adalah sebuah proses memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia dalam artian yang luas. 

Tujuan mulia pemasaran dalam memenuhi kebutuhan dan keinginan manusia sebanding dengan tujuan mulia Islam sebagai pemberi rahmat dan kebaikan bagi seluruh alam semesta.

Konsep pemasaran adalah bagaimana membuat sebuah karya, sebuah produk atau sebuah jasa yang tujuannya semata-mata untuk memuaskan dan memenuhi kebutuhan serta keinginan hidup manusia.

Pemasaran ada, untuk memuaskan sang manusia dalam menjalani kehidupan di bumi sehingga terjadi keseimbangan hidup yang berlangsung secara harmonis.

Mengapa kita perlu belajar pemasaran terutama dalam pengaplikasian konsep pemasaran dalam Islam adalah karena pemasaran dapat membantu penyebaran Islam dengan lebih baik dengan strategi pemasaran yang Islami yang mengedepankan kebaikan dan kejujuran.

Adapun contoh pemasar terbaik sudah dicontohkan oleh nabi Muhammad SAW 1400 tahun yang lalu. Bagaiman beliau menjadi seorang pedagang, pemasar sekaligus entrepreneur yang jujur dan amanah sehingga mampu menjadi pemimpin dan teladan bagi seluruh umat manusia hingga akhir zaman.

Nabi Muhammad tidak mempelajari ilmu Marketing seperti kita, namun dari kehidupan beliaulah kita bisa melihat sisi-sisi kemuliaan dari bidang pemasaran dengan "spirit ilahi" mampu memberikan kepuasan tidak hanya secara fisik namun juga secara batiniah manusia dalam pemuasan kebutuhan dan keinginan hidupnya.

Pemasar yang baik adalah pemasar yang tujuan utamanya adalah semata-mata membuat produk/jasa yang sesuai dengan nilai-nilai fitrah manusia sehingga melahirkan produk/jasa yang benar-benar bermanfaat bagi manusia tidak hanya di dunia namun juga di akhirat kelak.

Nabi Muhammad sebagai utusan suci Allah SWT mengemban tugas mulia dalam memenuhi kebutuhan dan keinginan seluruh ras manusia yaitu kebahagiaan dunia dan akhirat.

Nabi Muhammad memberikan "produk" panduan terbaik bagi hidup manusia dalam memenuhi kebutuhan dan keinginan hidupnya agar seimbang dan selaras sesuai dengan aturan dan ketetapan Allah sebagai pemilik alam semesta. 

"Produk" nabi Muhammad selalu bermanfaat dari dulu hingga akhir zaman, karena memang "produk" tersebut sangat memuaskan bagi kebutuhan dan sangat diinginkan bagi setiap jiwa.

"Produk" nabi Muhammad yang diberikan oleh Allah SWT adalah nilai-nilai Islam yang Maha Tinggi yang mampu menjangkau secara total kebutuhan dan keinginan tidak hanya manusia namun juga mencakup seluruh jiwa.

Pada sisi nilai "Price" yang tak terhingga karena ada nilai tak berwujud berupa keikhlasan bagi setiap orang dalam menjalankan ibadah kepada Tuhan yang Maha Kuasa. 

Pada sisi nilai "Place" bumi dan alam semesta sebagai domain Allah yang digunakan seluruh makhluk berjiwa dalam mendistribusikan pemenuhan kebutuhan dan keinginan hakiki manusia. 

Serta pada sisi nilai "Promotion" sangat terkoneksi dan berhubungan diantara setiap manusia dengan manusia lainnya tanpa batasan. Setiap ulama dan ustad serta penganut Islam secara otomatis pada saat kepuasan hidup telah tercapai akan memberikan informasi kebaikan dan teladan "produk" Islam kepada anak cucu serta kerabat sehingga "produk suci" Islam semakin hari semakin pesat berkembang tanpa bisa ditandingi oleh agama manapun di dunia hingga akhir zaman. 

 



Postingan populer dari blog ini

Tempat Wisata Sehari di BSD City Serpong

Cara Memilih Rumah Tinggal di BSD

99 My Wish and Dream

Asrulsani Abu The Autobiography

Inspiring Bugis Quote: Kata Mutiara Bugis dalam Memilih Pemimpin

Buku Happiness Management

Kumpulan Kisah Puisi: "Sang Wali"

Masjid Terbaik di Indonesia yang Pernah Saya Kunjungi

My 3rd Books