Pesantren Kilat Ramadhan Mencetak Pribadi Anak yang Sholeh dan Berjiwa Besar

Pengalaman menjadi team training The 7 Awareness dan menjadi salah satu pemberi materi kuliah subuh (The Entrepneneur+Management) pada Pesantren Kilat Kesadaran Ramadhan 2013 telah memberikan pengalaman batin dan pelajaran ikhlas yang luar biasa tidak hanya bagi anak-anak yang ikut dalam pesantren kilat ini namun juga terutama bagi diri saya sendiri. 

Anak-anak yang ikut pesantren kilat pertama di Indonesia yang berbasis kesadaran adalah anak-anak dari kelas SD hingga SMA. Semuanya adalah anak-anak hebat dan luar biasa. Ini dibuktikan pada saat sesi sharing setelah pembekalan mereka semua tersentuh hatinya yang terdalam untuk berubah menjadi anak-anak yang ikhlas, sholeh dan berjiwa besar. 

Suasana training yang sejuk, hikmat dan penuh rahmat begitu terasa. 
Bibit perasaan bahagia ini sudah mulai terasa pada saat kita semua datang terhampar pemandangan gunung, taman-taman dan sungai yang mengalir deras dan jernih, bagaikan tampilan suasana surgawi. Subhanallah...

Di hari pertama, anak-anak tiba dari Jakarta pada sore hari lalu berbuka puasa bersama sambil melakukan "game perkenalan" SIAPAKAH SAYA. Setelah shalat maghrib dilanjutkan tadarrus quran, lalu shalat taraweh berjamaah.

Setelah menyelesaikan ibadah shalat taraweh, progam pemberian materi ilmu taining kesadaran diberikan untuk membuka pintu hati dan jiwa anak-anak agar mampu menerima pelajaran yang diberikan dengan hati dan pikiran yang terbuka.

Belajar Qiroat dari Qori International
Semua acara diberikan dengan suasana nyaman, ceria dan membahagiakan hati anak-anak sehingga materi yang diberikan mudah dicerna dan langsung masuk kedalam jiwanya.

Hari Kedua, anak-anak dibangunkan untuk beribadah shalat Tahajjud tepat waktu dengan backsound suara-suara sungai yang mengalir. Lalu Tadarrus Quran dengan terjemahannya dilanjutkan dengan pemberian materi kuliah subuh tentang Entrepreneur dan Manajemen. 

Setelah sahur dan shalat subuh, dilanjutkan dengan olah raga dan jalan kaki seribu langkah mengitari taman-taman "surgawi" dengan aliran sungai-sungai yang ada dibawahnya. Sungguh sebuah pengalaman perjalanan pagi yang menyenangkan, menceriakan dan membahagiakan hati anak-anak dan semua yang mengikutinya. 

Ibadah shalat 5 waktu selalu tepat waktu dilaksanakan disamping melakukan pelaksanaan ibadah sunnah lainnya. Ibadah-ibadah yang wajib dilaksanakan begitu membahagiakan bagi anak-anak karena dipandu dengan kelembutan dan kebahagiaan. Ibadah sunnah seperti Taraweh, Tahajjud, Tadarrus Quran, Dhuha dan belajar menghapal Al-quran menjadi program wajib dilakukan oleh anak-anak yang mampu memberikan pengaruh bahwa mereka sebenarnya mampu dan bisa shalat dan beribadah sepanjang hari dengan perasaan ikhlas.

Zen-zen sedang Tadabbur di bawah
saung aliran sungai 
Setiap hari selama 4 hari di bulan ramadhan, ada banyak kegiatan yang dibuat penuh "full training method" tanpa ada waktu yang terbuang sia-sia.

Metode 3 T (Tafakkur, Tadabbur, Tasyakkur) yang diberikan sungguh telah memberikan dampak yang luar biasa bagi anak-anak pesantren kilat ini. Metode Tafakkur yang dipandu Nanang Qosim Yusuf menerobos hati, menggali diri dan potensi terdalam anak-anak sehingga mengetahui siapa dirinya dan apa tujuan hidupnya (life blue print), lalu pada program Tadabbur anak-anak belajar menghayati alam semesta dengan melihat kebesaran Allah SWT serta efeknya bagi kelangsungan hidup seleuruh makhlukNya. Pada sesi Tadabbur anak-anak disentuh hatinya yang lembut dengan penuh kelembutan khas "The 7 Awareness" sehingga hati anak-anak tersebut semakin tumbuh dengan penuh kelembutan dan perasaan kasih dan sayang. 

Pada kegiatan Tasyakkur anak-anak diberikan "training keikhlasan" yang merupakan sebuah metode belajar dan bekerja dengan ikhlas semata-mata untuk mengabdi kepada Allah SWT.

Pelajaran keikhlasan ini mampu merubah sifat anak yang tadinya malas, keras, tidak sopan, susah diatur, suka berbohong dan durhaka pada orang tua menjadi anak-anak yang rajin, sopan, ikhlas belajar dan bekerja serta jujur dan berbakti demi orang tua dan Allah SWT.

Pada akhirnya, setelah anak-anak ikut Pesantren Kilat ini, saya melihat sendiri bagaimana anak-anak ini mampu mengeluarkan seluruh potensi yang ada dalam dirinya, mampu meneropong masa depannya untuk hidup yang lebih baik, lebih bahagia untuk kebaikan seluruh alam.

Lokasi Pesantren Kilat yang diselimuti kabut dengan suasana alam nan sejuk penuh taman-taman, sungai-sungai yang mengalir dengan penginapan/hotel bernuansa pondokan yang terbuat dari kayu yang sederhana namun ampuh menggugah dan menyentuh hati dan jiwa anak-anak agar memiliki tekad yang luar biasa dahsyatnya untuk menjadi anak sholeh dan berjiwa besar yang membanggakan orang tuanya dan itulah saya pikir menjadi harapan terbesar orang tua saat ini untuk dapat mengantar mereka ke pintu surga dengan penuh keikhlasan. Insya Allah...


Team Training The 7 Awareness

Program Pesantren Kilat Kesadaran Ramadhan akan menjadi program berkala yang akan diadakan setiap bulan Ramadhan untuk mencetak pribadi anak yang sholeh, luar biasa dan berjiwa besar. Dipandu oleh Master Trainer The 7 Awareness (pemecah rekor Muri sebagai pembicara dengan peserta terbanyak 18.000 orang).

Anak-anak Pesantren Kilat Kesadaran Ramadhan

Pemandangan Alam yang Sejuk dan Mendamaikan Hati....
Suasana Pagi Hari pada Pesantren Kilat Kesadaran Puncak
Aliran Air Sungai yang Indah di Pagi Hari...
Rumah Pondokan dengan Kolam



Postingan populer dari blog ini

Tempat Wisata Sehari di BSD City Serpong

Cara Memilih Rumah Tinggal di BSD

99 My Wish and Dream

Asrulsani Abu The Autobiography

Inspiring Bugis Quote: Kata Mutiara Bugis dalam Memilih Pemimpin

Buku Happiness Management

Kumpulan Kisah Puisi: "Sang Wali"

Masjid Terbaik di Indonesia yang Pernah Saya Kunjungi

My 3rd Books