Peluang Keberkahan dan Kebahagiaan di bulan Ramadhan

Sebentar lagi umat muslim di seluruh penjuru dunia akan memasuki bulan Training Manajemen Kehidupan terdahsyat yang diberikan Allah SWT kepada umat terkasihNya. 
Training ini adalah training tentang “Life Controlling Management”. 

Sebuah Training pengontrolan diri, hati dan jiwa agar menjadi manusia yang bertakwa sehingga memperoleh kebahagiaan di dunia dan akhirat kelak.
Pelaksanaan ibadah di bulan suci Ramadhan ini memberikan begitu banyak keberkahan dan kebahagiaan bagi setiap orang yang memahami dan melaksanakan training Manajemen Kontrol Diri ini. 

Adapun kebahagiaan dan keberkahan yang bisa kita dapatkan dari kedatangan bulan suci Ramadhan ini dapat kita rangkum sebagai berikut:

The Happiness of Welcoming Ramadan
Semua orang muslim yang beriman baik itu anak-anak hingga oranng dewasa, orang tua hingga anak muda akan merasakan gelora kebahagiaan yang tidak dapat dilukiskan oleh kata-kata. Kebahagiaan sungguh terasa hingga ke hati terdalam sehingga orang yang merasakannnyakadang-kadang terlihat tersenyum-senyum dan berseri-seri akan menyambut bulan suci Ramadhan yang telah 11 bulan lamanya mereka rindukan. Hal ini juga diperkuat dengan hadiah yang akan diberikan oleh ALLAH SWT bagi siapa saja yang menyambut dengan gembira dan bahagia akan datangya bulan suci Ramadhan ini.  ”Barangsiapa yang berbahagia dengan datangnya Ramadhan, Allah mengharamkan jasadnya terhadap api neraka.” (HR. Ahmad)

The Happiness When All The Heaven are Open
Kebahagiaan yang dirasakan oleh seluruh Muslim ini, bisa dipahami karena pada malam bulan suci Ramadhan maka dibukalah seluruh pintu-pintu surga dan ditutuplah seluruh pintu-pintu neraka. Bayangkan betapa bahagianya jiwa-jiwa yang tenang dan diberkahi oleh Allah karena pintu-pintu Surga telah dibuka selebar-lebarnya. Dan yang tak kalah penting lagi seluruh setan dan jin-jin yang sangat jahat dibelenggu pada bulan suci ramadhan ini. Maka wajarlah orang-orang berseri dan berbahagia karena musuh-musuh jiwa kita telah dibelenggu oleh Allah SWT.
Apabila datang awal malam dari bulan Ramadhan, setan-setan dan jin-jin yang sangat jahat dibelenggu, pintu-pintu neraka ditutup tidak ada satu pintupun yang terbuka, sedangkan pintu-pintu surga dibuka tidak ada satu pintupun yang ditutup. (HR. At-Tirmidzi )


The Happiness of Sahur
Kebahagiaan lain yang diberikan Allah SWT kepada umat Islam di bulan suci Ramadhan adalah kebahagiaan saat sahur. Kebahagiaan ini makin bertambah jika kita melakukan sahur bersama bersama orang-orang yang kita cintai. Berapa banyak orang sebelum datangnya bulan suci Ramadhan kesulitan untuk mengatur jadwal makan bersama keluarga dan orang-orang yang dicintainya karena sibuk dengan urusan duniawi. Namun disaat bulan Ramadhan ini mereka seolah-olah disatukan oleh jadwal sahur bersama. Sesuai dengan Ibn Umar ra. meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW bersabda: "Sesungguhnya Allah dan para malaikatNya mengirim rahmat ke atas mereka yang memakan sahur."

The Bliss of Going to Mosque
Kebahagiaan yang bisa kita peroleh saat berada di bulan suci Ramadhan adalah kebahagiaan saat datang dan pulang dari masjid terutama saat-saat beramai-ramai untuk datang melaksanakan shalat Taraweh yang subhanallah biasanya sangat ramai pada awal bulan suci Ramadhan. Kebahagiaan ini begitu dihargaiAllah sehingga Allahpun menyediakan surga bagi orang-orang yang berkunjung ke masjidNya. “Barangsiapa pergi dan pulang dari masjid, maka Allah menyediakan untuknya tempat di syurga setiap kali pergi dan pulangnya” (Al-Bukhari)

The Happiness of Praying Together
Saat-saat kebahagiaan yang selalu menjadi momen yang membahagiakan saat bulan Ramadhan saat kita shalat berjamaah dengan sangat ramai. Seolah-olah kita sedang mengadakan “Acara Besar” menjunjung kebesaran Allah SWT. Umumnya begitu banyak yang rajin untuk datang shalat berjamaah kemasjid karena kebahagiaan yang dirasakan berbeda ketika shalat sendiri dengan shalat berjamaah bersama di masjid Allah SWT. Dan pahala dari Allah tidak tanggung-tanggung seolah-olah orang yang shalat berjamaah melakukan shalat separuh malam hingga sepanjang malam, sesuai dengan hadist “Barangsiapa sholat Isya’ secara berjamaah, maka (balasan pahalanya) seolah-olah dia telah mengerjakan solat separuh malam. Dan barangsiapa sholat Subuh secara berjamaah, maka seolah-olah dia telah mengerjakan sholat sepanjang malam itu”(HR. Muslim)
 
The Happiness of I’tikaf
Seluruh umat muslim di bulan Ramadhan merasakan kebahagiaan saat-saat berada dan berdiam di masjid yang suci semurni hati nan suci. Banyak umat muslim yang berdiam dan tinggal di masjid saking bahagianya merasakan kehadirat dan keberadaan Allah SWT. Hal ini sesuai dengan hadist nabi: Rasulullah bersabda, “Tidaklah seorang Muslim berdiam di masjid untuk sholat dan dzikir, melainkan Allah berseri-seri (gembira menyambut)nya, sebagaimana keluarga orang yang ditinggal berseri-seri menyambut kedatangan orang yang meninggalkan mereka” (Ibn Majah, sahih)

The Happiness of 1 Kindness Give Great Multiplier Effect
Jika setiap 1 kebaikan dibalas 10 x lipat, maka di bulan Ramadhan setiap kebaikan dibalas beratus x lipat. Sehingga makin senang dan berbahagialah orang-orang yang berbuat kebaikan di bulan Ramadhan. Sebagaimana hadist nabi: “Allah Ta’ala berfirman: Jika ia bertekad melakukan satu kebaikan, maka catatlah untuknya satu kebaikan. Jika ia melakukan kebaikan tersebut, maka catatlah baginya sepuluh kebaikan yang semisal  hingga 700 X lipat.” (HR. Bukhari no. 7062 dan Muslim no. 129).

The Happiness of Feeding Others
Oang-orang yang merasa bahagia saat memberi makan orang lain, maka di bulan puasa kebahagiaannya semakin bertambah. Mengapa? Karena setiap kali kita memberikan makan kepada orang yang berpuasa maka pahala orang yang berpuasa tersebut diberikan juga kepada kita. Subhanallah...ini bisa dilihat dengan memperhatikan hadist berikut: Barangsiapa memberi makan orang yang berbuka puasa; maka ia memperoleh pahala seperti orang yang berpuasa tanpa mengurangi sedikitpun pahala orang yang berpuasa itu” (HR. Tarmidzi)

The Happiness of Iftar Everyday
Setiap orang yang melaksanakan kewajiban berpuasa di bulan ramadhan maka pastilah setiap hari mereka memperoleh kebaikan dan kebahagiaan. Minimal 1 x dalam sehari. Yaitu kebahagiaan saat berbuka puasa. Sungguh sebuah kenikmatan yang tiada tara saat menahan dahaga berjam-jam lalu disejukkan oleh aliran air nan bersih ke dalam tenggorokan yang kering. Sungguh sebuah kebahagiaan yang luar biasa. Hal ini dikuatkan dengan hadist nabi: “Orang yang berbuka puasa mempunyai 2 kebahagiaan; kebahagiaan ketika ia berbuka dan kebahagiaan ketika ia bertemu dengan Rabb-nya karena puasa yang dilakukannya.” (HR. Bukhari dan Muslim)

The Happiness of Having The Lailatul Qadr
Tidak sama dengan bulan-bulan biasa selama satu tahun, maka di bulan Ramadhan dipercaya akan datangnya malam kemuliaan. Suatu malam yang dimuliakan Allah lebih mulia dari seribu bulan. Pada malam ini diturunkannya Alquran dan malaikat-malaikat untuk mengatur segala urusan. Hal ini termaktub dalam ayat suci al quran yaitu: "Sesungguhnya kami menurunkannya (al-Quran) pada malam kemuliaan. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemulian itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu penuh dengan kesejahteraan sampai terbit fajr" (Al Qadr 1-5).

The Happiness of Zakat
Di bulan Ramadhan ada saat pengeluaran dan pemberian Zakat dari orang-orang yang Kaya kepada orang-orang yang tidak mampu secara ekonomi. Zakat ini memberikan kebahagiaan baik dari pihak orang miskin yang menerima zakat juga kebahagiaan dari orang-orang kaya yang memberikan zakat dalam upaya pembersihan harta dan jiwanya serta dalam rangka memperoleh kebahagiaan sejati. Hal ini bisa kita lihat dalam ayat berikut: "Ambilah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka dan do'akanlah mereka karena sesungguhnya do'amu dapat memberikan ketenangan (kebahagiaan) bagi mereka. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui". (QS: At-Taubah:103)

The Happiness of Feeling Healthy
Kebahagiaan orang yang berpuasa adalah kebahagiaan saat menerima rasa sehat dan kesehatan tubuh dan jiwa dari Allah SWT. Berkah kesehatan adalah sebuah karunia yang tidak ternilai harganya. Dan orang-orang yang berpuasa diberikan kekuatan dari rasa lapar dan dahaga serta diberikan kesehatan yang jauh lebih baik dibandingkan saat sebelum berpuasa. Dalam berpuasa sendiri adalah sebuah proses detoksin atau proses pembuangan racun-racun yang mengalir dalam tubuh. Dan biasanya lemak-lemak dan kolesterol jahatpun akan semakin menjauh dari orang-orang yang berpuasa. Ini dikuatkan dengan sabda nabi Rasullulah SAW yang diriwayatkan oleh Ibnu Suny dan Abu Nu'aim: "Berpuasalah maka kamu akan sehat."

The Happiness when Forgiveness come from Allah
Kebahagiaan lain yangdiperoleh oleh orang yang berpuasa di bulan Ramadhan adalah kebahagiaan saat dosa-dosanya diampuni oleh Sang Maha Kuasa. Siapa yang tidak merasa bahagia ketika hutang-hutang dosanya “diputihkan” oleh Allah?. Hal ini sesuai dengan Hadist Al Bukhari-Muslim: Siapa saja yang berpuasa pada bulan Ramadhan dengan penuh keimanan dan hanya mengharapkan pahala Allah semata maka diampunilah dosanya yang telah berlalu.

The Happiness  of Reading Quran
Kebahagiaan yang tak terkira bagi orang-orang muslim yang berada di bulan suci Ramadhan adalah ketika membaca Al Quran. Dimana setiap muslim yang mahir dalam Al quran akan bersama malaikat yang taat dengan pahala yang berlipat-lipat. Bahkan saat orang yang terbata-bata dalam membaca A- Quran tetap diberikan pahala. Orang yang mahir berinteraksi dengan Al Quran akan bersama para malaikat yang mulia dan taat, sedangkan yang membaca Al-Quran dengan terbata-bata dan ia merasa sulit, ia mendapatkan dua pahala ” (HR. Muslim) 

The Happiness on Every Breath as Tasbih
Orang-orang yang berpuasa di bulan suci ini, dan selalu berucap zikir kepada Allah akan diampuni seluruh dosanya walaupun dosa-dosanya tersebut tak terhitung banyaknya. Maka kebahagiaanlah yang diperoleh bagi orang-orang yang selalu berzikir kepada Allah. “Barangsiapa mengucapkan subhanallah wabihamdihi seratus kali dalam sehari, ia akan diampuni segala dosanya sekalipun dosanya itu sebanyak buih di laut.” (HR Muslim dan Tirmidzi)

The Happiness of Socialization
Di Indonesia, banyak dari kita sebelum dan sesudah ramadhan melakukan perjalanan silaturahmi dan pulang kampung untuk mengunjungi saudar-saudara kita yang telah lama tidak berjumpa karena kesibukan. Dan bulan Ramadhan ini merupakan momentum kebahagiaan terbaik memperoleh kebahagiaan saat bertemu dan saling maaf-memaafkan. Saat berjumpa dan bersalaman biasanya ada banyak rezeki yang kita peroleh baik rezeki senyum kebahagiaan, perasaan lega dan senang hingga perasaan yang penuh syukur dan nikmat atas dihapuskannya dosa-dosa dan kesalahan kita. “Barang siapa yang ingin dilapangkan rizkinya & dipanjangkan umurnya, maka hendaklah ia menyambung tali silaturahmi”. [Muttafaqun 'alaihi].

The Happiness of Freedom
Di bulan suci Ramadhan betapa banyak jiwa-jiwa yang dibebaskan dari beban dosa oleh Allah SWT, sehingga bertebaranlah jiwa-jiwa yang berbahagia sepanjang hari dan malam. Hal ini sesuai dengan Abu Sa'id Al Khudri ra. Yang meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW bersabda: "Setiap hari siang dan malam pada bulan Ramadhan, Allah SWT membebaskan begitu banyak sekali roh daripada api neraka. Dan pada setiap orang Islam pada setiap hari siang dan malam doanya pasti akan diterima."

The Bliss of Funeral Visiting
Kebahagiaan yang juga tidak dapat dipungkiri saat berada di bulan suci Ramadhan adalah kebahagiaan saat bersama-sama keluarga mengunjungi makan kerabat dan keluarga kita yang telah lebih dulu dipanggil oleh Allah SWT. Hal ini dapat membantu kita akan arti dan hikmah keberadaan kita selama masih diberikan kesempatan untuk menjalani sisa waktu hidup kita. Ini sesuai dengan hadist nabi yang mana beliau pernah bersabda “Berziarahlah ke kubur, karena ia akan mengingatkanmu pada akhirat (kematian).”(H.R. Muslim)

Demikianlah begitu banyak peluang kebahagiaan yang bisa kita rasakan di bulan suci Ramadhan semoga kebahagiaan orang-orang yang beriman dan beramal sholeh dapat pula kita rasakan keberkahan dan kenikmatannya hingga akhir nanti.


Postingan populer dari blog ini

Asrulsani Abu The Autobiography

My Books in Sani Library

Cara Memilih Rumah Tinggal di BSD

Tempat Wisata Sehari di BSD City Serpong

PUISI: Kau yang Berbohong, Aku yang Merasa

Visi Misi dan 9 Program Caleg Tangsel