6 Tingkatan Cinta Manusia

Manusia sejatinya adalah makhluk yang memiliki Cinta yang murni dan suci. 
Namun, dalam mencintai saya membagi cinta manusia kedalam 6 tingkatan cinta:
  1. Love The God. Cinta kepada Allah. Ini adalah persemaian cinta manusia yang paling suci dan paling tinggi dari seluruh tingkatan cinta yang dimiliki manusia. Manusia yang telah memiliki cinta kepada Sang Maha Pencipta adalah manusia yang luar biasa dahsyatnya dibandingkan dengan manusia [ada umumnya. Mereka yang memiliki cinta kepada Allah memiliki tingkat keyakinan yang luar biasa akan Cinta Tuhan kepadanya. Kecintaan ini melahirkan sifat ikhlas dalam hidupnya dan pada akhirnya mengantarkannya kepada detik-detik yang selalu membahagiakan jiwanya baik di dunia maupun akhirat. Memiliki Cinta kepada Allah tidaklah mudah karena akan ada banyak godaan dan jebakan duniawi, namun orang-orang yang mampu melewati batas-batas godaan duniawi pada akhirnya akan menemukan bahwa kecintaan kepada Allah adalah Cinta yang Maha Sempurna. 
  2. Love The Messenger. Cinta kepada Rasul Allah. Ini adalah tingkatan cinta yang kedua yaitu mencintai rasul Allah yang ditugaskan untuk membantu manusia mengenal Tuhannya dan menjalankan perintah serta laranganNya demi menjaga kelangsungan hidup seluruh alam semesta. Orang-orang yang mencintai rasul Allah adalah orang-orang yang sangat patuh kepada ajaran nabi Allah SWT. 
  3. Love The Family. Tahapan cinta yang ketiga adalah cinta kepada keluarga. Tingkatan cinta ini sangat mencintai keluarganya melebihi dari segalanya. Orang-orang yang mencintai keluarga berjuang matia-matian demi kesuksesan dan kebahagiaan keluarganya. Namun kekurangannya adalah bahwa cinta hanya pada keluarga tidak mampu mengantarkan kebahagiaan secara utuh. Sangat berbahaya jika seseorang berlebihan dalam mencintai keluarga karena cinta pada keluarga memiliki kecenderungan yang rapuh dalam kejiwaan karena hilangnya pusat dari seluruh cinta. Untuk itu cinta kepada keluarga harus lebih ditingkatkan lagi agar cinta pada rasul dan Allah SWT. 
  4. Love The Human. Cinta kepada manusia. Orang-orang yang memiliki cinta kepada seluruh manusia adalah orang-orang yang mengedepankan hak asasi manusia yang terkadang malah menginjak hak asasi manusia lainnya. Kecenderungan hanya pada cinta manusia saja tanpa mencintai Sang Maha Penguasa adalah cinta yang hampa. 
  5. Love The Universe. Orang-orang yang memiliki cinta kepada alam dan makhluk-makhluk yang ada di alam semesta. Mereka adalah kelompok orang yang mencintai alam semesta mempelajarinya dan melestarikannya. Dibutuhkan cinta sejati kepada Allah agar cinta kepada alam tidak hanya berfokus pada keadaan alam saja namun bukan dalam jiwa alam itu sendiri dan Sang Maha Pencipta. 
  6. Love The Material. Ini adalah cinta yang paling rendah. Karena cinta hanya pada sesuatu yang berwujud materi atau barang seperti harta, emas, perak dan lain-lain. Kecenderungan untuk mencintai harta ini biasanya dimiliki oleh anak-anak dan remaja. Namun sayangnya kebanyakan dari mereka berlanjut hingga dewasa bahkan sampai tua. Orang-orang yang mencintai material ini tidak akan pernah puas terhadap segala harta yang telah dimilikinya yang pada akhirnya akan menghasilkan sifat tamak dan riya (berbangga diri). Orang-orang yang sangat mencintai material seperti hartanya akan selalu menggunakan harta tersebut dan akan selalu ketakutan akan kehilangan hartanya tersebut. Padahal pada akhirnya harta tersebut kalau bukan harta yang meninggalkannya maka dialah yang akan meninggalkan harta tersebut. Kalau anak-anak sekarang menyebutnya "Cinta Matre".

Comments

Popular posts from this blog

Tempat Wisata Sehari di BSD City Serpong

Cara Memilih Rumah Tinggal di BSD

Kami Benci Film (ayat-ayat cinta) Indonesia?