5 Hal yang Harus Diperhatikan dalam Menyewakan Mobil kepada Pelanggan


Bagi seorang pengusaha rental mobil, menjadikan mobil sebagai asset bergerak sebuah keuntungan tersendiri. Namun ada beberapa resiko yang harus diperhatikan dan dicermati dalam menyewakan mobil kepada pelanggan. Hal ini penting sekali karena seringkali kita mendengar banyak kendaraan yang dibawa kabur oleh penyewa mobil karena beberapa hal:

  1. Mobil yag disewa oleh pelanggan dengan harga murah terkadang menjadi peluang bagi pelanggan untuk menyewakan lagi mobil tersebut. Nah pelanggan yang tidak pengalaman dalam menyewakan mobil terkadang sembarangan dalam mencari pelanggan tanpa menelusuri si calon pelanggan yang memang terkadang malah pelaku yang menggadaikan mobil adalah orang-orang yang dikenal oleh si penyewa. 
  2. Usahakan jangan menyewakan mobil kepada pelanggan yang tidak memiliki tempat tinggal permanen (kontrak) atau tempat usaha (ruko) yang tidak permanen. Pelanggan yang tidak memiliki tempat permanen memiliki kecenderungan untuk berpindah lokasi tempat tinggal dengan mudahnya, sehingga menyulitkan dalam menelusuri rumah pelanggan jika nantinya pindah rumah. 
  3. Usahakan mencari tahu kondisi pelanggan melalui internet atau dengan mencari tahu tentang calon pelanggan melalui RT, satpam atau orang-orang yang berada di lingkungan setempat. Bisa juga dengan mendatangi rumah ibadah seperti masjid yang ada disekitar rumah calon pelanggan. 
  4. Jangan mudah tergoda dengan gaya atau kondisi tampilan calon pelanggan. Terkadang gaya yang borjuis tidak menjamin calon pelanggan juga memiliki tingkat komitmen yang tinggi. Tetap buat kesepakatan diatas kertas yang memberikan syarat-syarat dalam melakukan sewa menyewa kendaraan. 
  5. Dalam mencari supir atau orang yang dipekerjakan sebagai antar jemput kendaraan sebaiknya memiliki tempat tinggal yang permanen dan memiliki moral yang baik. Seringkali kejadian mobil dibawa kabur justru oleh karena ketidak mampuan driver mengelola kepercayaan yang telah diberikan. Seringkali driver tidak sanggup mengelola beban kepercayaan yang begitu besar dan bisa saja terjebak dalam kondisi yang kurang baik. Walaupun ada driver yang juga baik dan jujur tapi tidak ada salahnya tetap waspada walaupun orang tersebut telah kita kenal dekat. 

Postingan populer dari blog ini

Asrulsani Abu The Autobiography

My Books in Sani Library

Cara Memilih Rumah Tinggal di BSD

Tempat Wisata Sehari di BSD City Serpong

PUISI: Kau yang Berbohong, Aku yang Merasa

Visi Misi dan 9 Program Caleg Tangsel