Bagaimana mendapatkan IDE?

Ada banyak orang yang bertanya, bagaimana caranya mendapatkan sebuah ide?....
Menurut saya pribadi, ide bisa didapatkan dimana saja...
Namun, kebanyakan saya mendapatkan ide jika saya dalam keadaan tenang dan sendirian...
Sendirian disini bukan berarti tidak ada orang di sekitar saya.
Sendirian disini berarti kita dapat mendengar diri kita "berbicara".

Adapun tempat-tempat yang biasanya saya dapat jadikan sebagai tempat menemukan ide untuk menulis adalah:

  • Kamar, kamar pribadi sangat menunjang memberikan ide. Biasanya saya dapatkan saat tidur telentang tanpa bantal.
  • Kamar Kecil, biasanya saya mendapatkannya karena pada saat didalam kamar kecil, kita tidak mendengar suara apapun selain dari suara kita sendiri.
  • Masjid, karena saya muslim, saya biasanya mendapatkan ide saat shalat terutama saat sujud, biasanya suara-suara dalam pikiran kita tiba-tiba datang. Simpan idenya dalam hati, namun tetap khusuklah dalam shalat. 
  • Taman samping rumah, saya tiap pagi membuka pintu samping rumah lalu memandangi rumput-rumput nan hijau....perasaan tenang saat memandangi rumput-rumput ini terkadang memberikan ide dalam menulis.
  • Saung samping rumah, saya baru memiliki sebuah saung (gazebo) yang berada tepat di samping rumah. Di Gazebo ini, saya biasanya duduk santai sambil menikmati semilir angin yang lembut. Kebiasaan saya juga adalah menikmati langit di malam hari...
  • Musholla sebuah Mall. Biasanya untuk mendapatkan ide di sebuah Mall saya sempatkan shalat di mushollanya namun saya usahakan mencari yang memiliki musholla yang bersih dan indah.
  • Tempat-tempat keramaian seperti Mall atau tempat parkirnya. Biasanya di tempat parkir, saya duduk sebentar sebelum masuk ke dalam Mall dan mendapatkan ide-ide dari sebuah mobil.
Andapun bisa mendapatkan ide-ide yang luar biasa, bahkan hanya dari tempat tidur di rumah Anda...
Namun jangan lupa untuk segera menuliskannya di komputer atau di sebuah kertas atau sekarang juga sudah bisa anda tuliskan di Note yang biasanya ada disetiap handphone/mobilephone.

Setelah mendapatkan ide...sayapun biasanya langsung ke komputer...menyalakan music instrumental yang menenangkan hati....dan biasanya langsung deh jadi banyak ide untuk menulis...

Selamat menuliskan ide-ide kreatif anda....dan sampai jumpa di Puncak....





Comments

Popular Posts