Pelajaran dari Nikahnya Kembali Aa Gym dan Teh Ninih

Saya pribadi sangat terharu sekaligus merasa senang melihat Aa Gym menikah kembali dengan Teh Ninih istri pertama beliau.
Dari pernikahan kembali ini, terasa sangat melegakan sehingga ada beberapa pelajaran yang menarik untuk saya garis bawahi disini:
  1. Bahwa Aa Gym, telah mendapatkan petunjuk terbaik bahwa istri pertamanyalah yang sesuai dengan hati nuraninya yang akan terus mendampinginya hingga akhir hayatnya kelak. Sepengetahuan saya, Teh Ninih adalah sosok wanita ideal dan sholehah. Istri pertama Aa Gym ini dikenal santun dalam berbicara, sederhana, setia dan sayang kepada keluarga. Hal inilah mungkin menjadi faktor penentu mengapa Aa Gym tetap ingin menikahinya kembali selain faktor-faktor lain tentunya. Dalam diri Teh Ninih ada NEED dari seorang Aa Gym. NEED (kebutuhan) Aa Gym inilah yang tidak didapatkan dari wanita lain, sehingga mendorongnya untuk kembali. Dalam setiap melakukan sesuatu kita selalu didorong oleh NEED untuk itulah kita selalu ingin mencari tahu apa sih yang dibutuhkan oleh seseorang, karena pada saat kita mampu memenuhi KEBUTUHAN seseorang, maka orang itu akan mencari kebutuhannya dengan cara mengorbankan apapun agar kebutuhannya tercapai. Sungguh mulia orang yang mampu bermanfaat dalam memenuhi kebutuhan orang lain. Dalam hal ini, Teh Ninihlah menjadi salah satu orang mulia karena mampu memaafkan dan menerima Aa Gym kembali.
  2. Bahwa ternyata bahkan seorang Aa Gym tetap akan kembali menjatuhkan pilihannya kepada seorang wanita yang bersahaja. Jadi percayalah bahwa wanita bersahaja lebih baik dari sekadar wanita yang berpenampilan cantik saja tanpa adanya "inner beauty". Inner beauty sangat dibutuhkan oleh seorang lelaki manapun, kecantikan lahiriah tidaklah cukup tanpa dilengkapi kecantikan dari dalam seorang wanita. Kecantikan dari dalam inilah, jika diibaratkan sebuah produk bagaikan sari pati (esensi) dari sebuah isi produk. Jika sebuah produk kemasan (packaging) adalah kecantikannya sedangkan isi dari produk adalah inner beautynya. Jadi Inner beauty lebih penting dari kemasannya bukan begitu?.
  3. Satu lagi pelajaran terpenting bagi kaum lelaki untuk tetap mempertahankan istri pertama sekuat tenaga ditunjukkan oleh seorang Aa Gym. Bahwa keberadaan istri pertama merupakan hal terbaik yang pernah dimiliki oleh seorang suami. Namun terkadang suami adalah manusia biasa juga, yang bisa salah dan bisa habis kesabarannya sehingga membuatnya tidak mampu untuk menanggulangi emosinya sendiri dan akhirnya melepaskan pernikahannya. Namun sebenarnya banyak yang mengatakan, Istri pertama tetap adalah sosok paling ideal yang diciptakan Tuhan kepada sang suami.  Bahkan seorang nabipun pernah meninggalkan istrinya selama sebulan sekedar untuk melakukan "introspeksi" bagi diri masing-masing. Jadi dalam rumah tangga juga dibutuhkan "break" dulu, sama dengan ketika Meeting jika sudah sampai pada titik tertentu tidak dapat dicapai kesepakatan bersama maka kita butuhkan adalah "break" dulu. Nah, terkadang justru pada "break" inilah akan sangat banyak pelajaran dan hikmah yang bisa kita dapatkan. 
  4. Dalam siklus kehidupan rumah tangga memang terkadang dibutuhkan sebuah "proses perpisahan sementara". Dalam proses perpisahan ini, kedua belah pihak bagaikan meng"asah" pisau cintanya kembali. Jadi sebuah perceraian bukanlah akhir dari sebuah perjalanan cinta, tapi sebuah perceraian bisa jadi adalah babak baru dari tumbuhnya benih-benih cinta yang dulu sudah tertanam. 
  5. Dalam Marketing, Positioning, adalah satu hal penting agar bagaimana persepsi pelanggan tetap baik walaupun sudah pindah ke lain hati. Dalam hal ini, Teh Ninih memberikan "Positioning" yang baik dimata sang suami. Teh Ninih berhasil memposisikan dirinya sebagai istri yang sholehah. Positioning sebagai istri sholehah inilah menjadi salah satu penentu mengapa seorang suami kembali kepada istri lamanya. 
  6. Sedangkan Aa Gym yang tadinya memiliki brand positioning yang positif dihati masyarakat seperti sayang keluarga, cinta istri sempat berbalik saat beliau menikahi istri mudanya. Namun saat ini repositioning Aa Gym untuk menjadi suami yang baik karena telah kembali ke istri lamanya bisa jadi akan sedikit mengangkat nama baiknya dan tentunya juga usahanya. Positioning yang baik dihati para penggemarnya (pelanggan) akan memberikan dampak positif bagi kelangsungan usahanya kelak. Jadi walaupun mungkin usahanya telah mencapai titik nadir, tapi tindakan ini adalah salah satu langkah terbaik untuk mengangkat harkat dan martabat keluarga Aa Gym...
  7. Selamat buat Aa Gym, saya ikut senang dan mendoakan semoga keluarganya tetap rukun sejahtera dan bahagia selalu....dan saya juga berterima kasih kepada beliau yang telah memberikan pelajaran penting bagi kita semua bahwa jika ingin kembali kepada istri yang lama, maka wajib kiranya untuk menikahinya kembali.


Postingan populer dari blog ini

Asrulsani Abu The Autobiography

My Books in Sani Library

Cara Memilih Rumah Tinggal di BSD

Tempat Wisata Sehari di BSD City Serpong

PUISI: Kau yang Berbohong, Aku yang Merasa

Visi Misi dan 9 Program Caleg Tangsel

99 My Wish and Dream