Masjid Terbaik di Indonesia yang Pernah Saya Kunjungi

Dari sekian banyak masjid yang bertebaran di Indonesia, masjid terbaik yang dapat memberikan rasa "Khusuk" dalam beribadah kepada Allah SWT adalah:

Dalam urutan PERTAMA TERBAIK adalah: Masjid Atta-Awun Puncak Bogor Jawa Barat Indonesia. 
Google

Masjid ini SANGAT INDAH terlihat berdiri megah diatas bukit dengan hamparan kebun teh nan hijau di sekitarnya. Belum lagi suasana sejuk hingga menusuk ke kulit serta air yang bersih dan segar yang terus menerus mengalir di sekitar masjid bagaikan air surgawi yang mengalir diantara taman-taman surgawi. Jika dari luar saja memberikan rasa takjub, maka saat kita masuk ke dalam masjid akan lebih takjub lagi.

Google
Di lantai masjid tidak terbuat dari keramik seperti umumnya masjid-masjid di Indonesia tapi lantai shalatnya terbuat dari kayu yang indah (parquet), terawat, dan rapi, sehingga rasanya ingin berlama-lama duduk dan bersujud bertafakkur kepada Allah SWT. Sebelum masuk masjid kita akan melewati semacam sungai kecil yang mengalir jernih, sehingga kaki kita akan terguyur segar sebelum masuk ke area masjid. Ini adalah TEMPAT TERBAIK untuk shalat sehingga terkadang jika saya sedang gelisah atau sedang "galau" saya bisa saja langsung menuju Puncak dan shalat diatas masjid Atta awun Puncak Bogor. Beberapa kerabat yang pernah saya ajak ke area belakang masjid,langsung takjub dan terkesima dengan keindahan masjid ini. Bahkan ada yang terharu dan berkata: "saya seakan-akan berada di Surga"....hmmmm subhanallah.....

Dan bisa dibayangkan, jika saat shalat kita dapat menemukan "titik khusuk" terbaik dalam shalat. Seandainya semua masjid di Indonesia bisa memberikan "titik terbaik" dalam sujud kita, saya percaya semua orang akan lebih sering lagi untuk datang ke masjid....

Masjid ini, memiliki manajemen kebersihan yang baik, manajemen parkir yang cukup baik walaupun kadang sulit mencari parkiran, manajemen deposit yang baik, hanya saja, perlu ditambahkan  adanya tempat penyimpanan pakaian shalat terutama untuk pria yang memakai baju kaos karena banyaknya musafir yang datang tidak sempat membawa pakaian untuk shalat.

Saya berharap masjid ini bisa tetap dijaga kebersihannya dan para penjual yang ada, bisa lebih diberdayakan dan diperindah lagi sehingga terjadi sinergi yang saling "mengindahkan masjid" yang sangat luar biasa ini....

Untuk urutan KEDUA TERBAIK adalah:
Masjid Baitul Hikmah Nusa Loka BSD City. Masjid ini, jika dilihat dari luar akan berkesan biasa saja.

Namun cobalah masuk kedalam masjid, akan terasa damai dan nyaman. Ini disebabkan karena interiornya yang sederhana namun terlihat rapi, elegan dan bersih. Masjid ini juga sejuk karena full AC serta ada banyak pepohonan yang berada di sekitar masjid.

Masjid ini memiliki karpet "terbaik" mengalahkan masjid-masjid "level atas" lainnya. Karpet masjid Baitul Hikmah memiliki ketebalan yang menyamankan, TANPA POTONGAN dan sambungan sama sekali. Berwarna coklat muda, sehingga memberi rasa nyaman ketika berada di tengah-tengah hamparan karpet ini.

Dari karpetnya yang indah dan elegan inilah memberikan sensasi tersendiri saat kita shalat dan sujud dihadapan Allah. Karpet "terbaik" ini, menurut salah seorang arsiteknya bapak Yunal, ini termasuk hemat dan efisien harganya dibandingkan karpet-karpet yang umumnya digunakan masjid-masjid lainnya di Indonesia. Namun karena design yang elegan serta selalu dibersihkan sehingga memberikan rasa nyaman pada saat kita sujud di masjid ini. Mungkin inilah salah satu yang menyebabkan banyak orang merasa nyaman untuk shalat di masjid nan sederhana ini.

Mihrab masjid ini terlihat simple minimalist namun elegan dengan paduan warna perak hitam yang apik yang meneduhkan mata. Dinding masjid dilapisi wallpaper yang juga nyaris tanpa sambungan dengan warna cream yang menyejukkan. Juga kusennya berlapiskan kayu yang berwarna coklat semakin memperkuat rasa naturalis yang ada dalam masjid ini.
Masjid Baitul Hikmah BSD

Di dinding masjid terpajang rapi kitab Alquran dan kumpulan Hadist yang dapat kita baca kapanpun kita mau (tidak terkunci). Karpet masjid disini terawat dan bersih sehingga sangat berbeda dengan masjid lainnya yang masih banyak berdebu. Kondisi karpet nan bersih dan elegan, tempat wudhu dan shalat yang bersih serta interior masjid yang indah dan bersih memberikan masjid Baitul Hikmah Nusa Loka Sektor 14 BSD City Serpong adalah salah satu masjid terbaik di Indonesia. Saya sangat suka, khusuk dan merasa sangat nyaman ketika shalat di Masjid ini. Saya berharap kedepannya, masjid ini memiliki manajemen parkir, manajemen toilet yang lebih baik lagi.

Untuk urutan KETIGA TERBAIK adalah:
Interior Masjid Kubah Emas
Wikipedia
Masjid Dian Al Mahri atau Masjid Kubah Emas yang berada di Depok Jawa Barat. Masjid fenomenal ini terlihat sangat megah, besar dan mewah saat dilihat dari kejauhan. Kita seolah berada dalam sebuah lokasi wisata yang megah. Toiletnya bersih dan memiliki manajamen masjid yang bagus rapih. Kondisi masjid yang megah dan mewah ini  terutama dalam ornamen saat kita menghadap ke kiblat dapat mengurangi rasa khusuk dalam beribadah untuk itulah mesjid ini belum menjadi masjid urutan pertama terbaik di Indonesia. MENGAPA? karena dinding masjidnya terlalu banyak ornamen megah sehingga cukup mengganggu dalam shalat. Tapi dalam hal manajemen kebersihan dan kemegahan masjid, masjid ini layak memperoleh urutan ketiga. Saya sangat salut dengan pemilik Masjid ini...Luar biasa!!!...

Urutan ke empat Masjid Terbaik adalah:
Blog-kirun
Masjid Al Azhom di dalam Pusat Pemerintahan Kota Tangerang. Masjid ini terlihat sangat megah dari kejauhan dengan kubahnya yang banyak sebanyak 5 kubah yang digabungkan menjadi satu. Dengan penggabungan kubah ini, menjadikan mesjid Al-Azhom menjadi masjid berkubah terbesar di Indonesia. Masjid ini cukup sejuk dan nyaman untuk melakukan shalat walaupun tanpa menggunakan AC karena sirkulasi udara yang cukup memadai dari jendela-jendela yang ada di dalam masjid. Tempat parkirnya cukup luas dan lega serta ada beberapa pohon yang ditanam, hanya sayang untuk mencari tempat parkir mobil masih kurang teratur. Daya tampung masjid ini mencapai 15.000 orang. Biasanya saya sering menyempatkan shalat di masjid ini jika dari Airport karena letaknya yang tidak terlalu jauh dari Bandara Soekarno Hatta.
Masjid dengan Kubah Terbesar Dunia

Untuk masjid terbaik urutan kelima adalah Masjid Bank Indonesia yang terletak di Jakarta Pusat. Ini adalah salah satu mesjid yang elegan, bersih dan nyaman yang perlu kita kunjungi. Masjid ini tidak terlalu besar namun elegan di bandingkan gedung BI yang megah namun sangat bersih dan terawat sehingga dapat memberikan rasa nyaman dan damai jika shalat di masjid Bank Indonesia ini.

Islamcity
Masjid Terbaik di Indonesia urutan ke enam adalah Masjid Istiqlal Jakarta. Masjid ini adalah masjid terbesar di Indonesia dengan luas 6 Hektar berlokasi di dekat Istana Negara Indonesia. Istiqlal dalam bahasa Arab berarti kemerdekaan yang merupakan masjidterbesar di Asia Tenggara. Jamaahnya yang bisa ditampung mesjid ini mencapai 200.000 orang. Jika anda ingin melihat betapa banyaknya jumlah orang muslim di Indonesia datanglah ke mesjid ini pada hari Jumat dan anda akan kagum dengan JUMLAH JAMAAHNYA yang sangat banyak. MAsjid ini hanya memiliki 1 menara (prinsip tauhid) setinggi 66,66 meter yang melambangkan 6666 ayat dalam Al-quran. Masjid ini adalah masjid kebanggan orang Indonesia, namun sangat disayangkan, masjid ini kurang terjaga kebersihannya.  Semoga satu hari nanti jika kita shalat di masjid ini, masjid ini sudah menjadi masjid No.1 karena kebersihannya sudah terjaga.

Masjid Terbaik di Indonesia urutan ke tujuh adalah adalah masjid Sunda Kelapa di Menteng Jakarta Pusat. Mesjid ini sudah cukup tua namun kondisi mesjid ini cukup terawat, rapi dan bersih. Masjid ini walaupun sudah tua tapi cukup nyaman untuk mengadakan acara pernikahan atau acara keagamaan lainnya. Setiap hari biasanya ada kajian tentang agama Islam di masjid ini dengan pembicara-pembicara terkenal di Indonesia.

Masjid Terbaik di Indonesia urutan kedelapan adalah masjid At-Tin Taman Mini Indonesia Indah. Masjid ini memiliki interior yang indah dan tempat shalat yang lapang. Kondisi kebersihan masjid cukup terjaga dengan baik sehingga dapat kita jadikan salah satu tempat terbaik untuk melakukan shalat dengan khusuk.

My.Opera
Masjid Terbaik di Indonesia urutan ke sembilan adalah Masjid Raya Makassar. Masjid ini arsitekturnya bergaya eropa-timur tengah, sekilas mirip masjid madinah dan bangunan Taj Mahal. Pengembangan Masjid ini dibangun oleh Bapak Jusuf Kalla sehingga bangunan yang dulunya berkesan "kuno", saat ini memiliki interior yang megah dan elegan. Memiliki langit-langit yang berjumlah 7 lapisan berwarna hijau, sangat indah jika shalat pada malam hari di masjid ini. Didalam masjid juga terdapat sebuah Alquran raksasa berukuran 1 x 1.5 meter dengan berat total 500 kilogram. 

Masjid-masjid ini saya urutkan bukan hanya berdasarkan "Kemewahan atau Kemegahannya", namun berdasarkan pengalaman pribadi sebagai orang awam semata. Perasaan yang khusuk yang bisa saya dapatkan dari masjid-masjid ini semoga dapat juga dirasakan oleh para muslimin lainnya. Jadi perasaan ini bisa berbeda-beda dengan perasaan orang lain. Bisa jadi urutan ini akan terus berubah jika suatu saat ada perubahan dalam kondisi masjid yang juga selalu mengalami perubahan.

Selamat mengunjungi Masjid-Masjid Terbaik di Indonesia dan selamat menikmati kekhusukan shalat semoga dengan demikian dapat menghantarkan kita ke tempat terbaik yaitu Surga Allah SWT....Amiinnn

Tidak tertutup kemungkinan ada masjid-masjid lainnya yang lebih baik atau lebih indah daripada masjid-masjid ini....namun yang utama adalah perasaan khusuk dan nikmat yang bisa kita dapatkan saat shalat di masjid mampu mengajak jamaah yang shalat di rumah untuk lebih sering shalat dan bermunajat di masjid...semoga...


Postingan populer dari blog ini

Asrulsani Abu The Autobiography

My Books in Sani Library

Cara Memilih Rumah Tinggal di BSD

Tempat Wisata Sehari di BSD City Serpong

PUISI: Kau yang Berbohong, Aku yang Merasa

Visi Misi dan 9 Program Caleg Tangsel

99 My Wish and Dream