Cara Memulai Usaha Car Rental dari Rumah

Cara memulai usaha Car Rental dari rumah adalah:

  • Buatlah BRAND KHUSUS atau merek yang mudah diingat dan mudah diucapkan serta menunjukkan "positioning" brand kita. Misalnya Friendly Rental yang memposisikan sebagai car rental yang ramah, Tangerang Car Rental brand yang diposisikan rental mobil yang berada di wilayah Tangerang, atau bisa juga brand yang menggunakan nama sendiri atau nama yang bersejarah atau nama yang kita sukai sehingga membuat kita termotivasi untuk membuatnya semakin dikenang orang misalnya nama orang tua atau nama anak kita. Dalam contoh sendiri saya menggunakan nama bersejarah nenek yang kami sayangi sebagai merek sebagai kenangan kami atas jasanya dalam kehidupan anak cucunya...
  • Buatlah sedikit perencanaan tapi jangan terlalu banyak perencanaan. Cukup tuliskan tujuan utama (vision) yaitu sebuah tujuan besar dari usaha anda sebagai roh utama usaha anda, kemudian tuliskan juga tujuan-tujuan jangka pendek (program) yang akan kita capai dalam satu hari, satu minggu dan sebulan mendatang.
  • Buatlah misi (mission) atau tugas-tugas pokok yang harus dikerjakan untuk mencapai "vision" anda. Lalu buatlah program yang harus dilakukan setiap hari untuk mencapai tujuan anda dalam perencanaan tadi.
  • Buatlah strategi-strategi apa yang akan anda lakukan dalam memulai usaha Car Rental ini. Kita bisa menggunakan Marketing Strategy dalam hal ini. Salah satu strategi pemasaran yang paling murah dan hemat adalah: Word of Mouth Communication, bicaralah dan beritahulah orang-orang terdekat anda bahwa anda memulai usaha Car Rental. Biasanya penyewa atau pelanggan pertama akan berasal dari orang-orang yang dekat dengan kita. Strategi yang cukup murah lainnya adalah: Name Card, Brosur, dan Pemasaran Online. Pemasaran online saat ini bisa dibilang murah dan tidak terlalu mengeluarkan banyak biaya dibandingkan kita memasarkan melalui majalah atau radio atau TV.
  • Buatlah Manajemen Keuangan usaha anda. Seringkali kita lupa untuk mencatat cashflow yang beredar, untuk itu berikan waktu yang cukup untuk mencatat dan menghitung pemasukan dan pengeluaran anda setiap hari dan lakukan evaluasi.
  • Mobil yang kita sewakan sebaiknya mobil yang terawat dengan baik dan bersih sehingga membuat pelanggan nyaman dalam mengendarainya. Usahakan selalu memberikan sewa mobil dalam keadaan seperti baru atau minimal selesai dicuci bersih dan dalam keadaan layak pakai. 
  • Jika kita sudah memiliki mobil, upayakan mencari driver yang baik, bersih dan sopan serta jujur. Walaupun terlihat mudah mencari orang yang bisa membawa mobil tapi di lapangan biasanya sangat sulit mencari driver yang memenuhi kriteria tersebut. Untuk itu jika sudah memiliki driver yang baik maka usahakan untuk memulai pelayanan yang baik kepada Sang Driver, karena beliaulah Front Liner pertama usaha anda. Tidak jarang pelanggan biasanya akan sering memesan sewa mobil karena drivernya baik dan sopan. Namun untuk tahap awal sebaiknya anda yang terjun langsung ke "medan perang" untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan usaha anda dan juga dapat lebih memahami usaha rental mobil ini.
  • Carilah bengkel rekanan yang bisa anda ajak kerja sama dalam hal merawat mobil anda. Semakin anda kenal baik dengan pemilik bengkel maka akan semakin mudah anda dalam melakukan pembayaran nantinya. Karena usaha rental mobil biaya terbesar akan jatuh pada biaya Maintenance kendaraan itu sendiri.
  • Untuk tahap awal memulai usaha, sangat dianjurkan untuk terjun langsung ke lapangan. Ketemu langsung dengan pelanggan dan berbicara dengan mereka. Bahkan sampai saat inipun,saya masih melakukan survey sendiri ke lapangan untuk bertemu muka langsung dengan calon pelanggan sewa mobil, jika ingin menyewa dalam jangka waktu yang lama. Saat anda menyukai pekerjaan ini, maka kemungkinan besar usaha ini, cocok dengan jiwa anda.
  • Pada saat awal memulai usaha, mungkin akan sangat sulit atau bisa juga malah mudah tergantung keberuntungan anda sendiri. Disini saya menyebutkan "keberuntungan" karena apapun yang kita lakukan ada "sesuatu" yang MAHA TINGGI yang perlu kita masukkan dalam rencana kerja usaha kita. Berniatlah baik, berusaha dengan sebaik-baiknya, mudah-mudahan keberuntungan selalu bersama kita. 
Selamat memulai usaha Car Rental anda, semoga anda sukses dan berhasil mengangkat ekonomi keluarga anda...


Postingan populer dari blog ini

Cara Memilih Rumah Tinggal di BSD

Tempat Wisata Sehari di BSD City Serpong

Asrulsani Abu The Autobiography

My Books in Sani Library

5 Karakter Orang Bugis Makassar yang Perlu Ditiru

99 My Wish and Dream

Kumpulan Puisi Karya Asrulsani Abu